Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Desa Wanurejo Borobudur Selenggarakan Gelar Budaya 2023

kabarMagelang.com__Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur Magelang, menggelar kirab budaya, Sabtu (20/5/2023). Salah satu agenda tahunan tersebut di selenggarakan selain sebagai daya tarik wisatawan domestik maupun manca negara, juga untuk melestarikan berbagai budaya yang ada di desa setempat.

Ketua Panitia Gelar Budaya Wanurejo 2023, Ganung Haryadi mengatakan Gelar Budaya Wanurejo 2023 ini mengambil tema “Ngruwat Jagat Manembah Gusti” (merawat bumi, bersyukur kepada Allah).

“Gelar Budaya Wanurejo 2023 sebagai wujud syukur kepada Tuhan atas berbagai potensi yang diberikan kepada masyarakat Wanurejo,” ungkapnya.

Selain itu kegiatan ini juga untuk mengenalkan berbagai potensi yang dimiliki oleh Desa Wanurejo kepada wistawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung di Borobudur.

“Diharapkan budaya lokal di Wanurejo bisa menjadi salah satu kekuatan untuk meningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Ganung.

Hanung juga berharap event gelar budaya selalu mengalami peningkatan, dari tahun ke tahun dengan semakin tumbuhnya inovasi di setiap kegiatan.

“Kita berharap semua stakeholder budaya mau mendukung dan bekerjasama agar Desa Wanurejo semakin berdaya. Memiliki peranan lebih besar dalam bidang budaya dan pariwisata di kawasan Candi Borobudur,” harap Ganung.

Gelar budaya berupa kirab kesenian dengan start halaman Toursm Information Center (TIC) menuju lapangan Pondok Tingal melalui Terminal dan Pasar Borobudur ini menjadi tontonan menarik bagi ribuan warga di sepanjang rute yang dilalui pawai kesenian ini.

“Ada sembilan dusun yang ada di Desa Wanurejo mengikuti kirab budaya ini dan masing-masing membuat gunungan hasil bumi serta
patung besar beberapa binatang seperti Harimau, rang hutan, onta, serta beberapa patung ogoh-ogoh,” jelasnya.

Desa Wanurejo sendiri terletak di Kecamatan Borobudur, Magelang. Pada awalnya merupakan bagian wilayah dari Kerajaan Mataram Yogyakarta. Pada 17 Mei 1799, dimulai pendirian pemerintahan Kadipaten Wonorejo yang dipimpin BPH Tejokusumo putra Sri Sultan Hamungkubuwono II. Dengan demikian Desa Wanurejo pada 2023 ini telah berusia 224 tahun. Dimana pada setiap peringatan selalu diselenggarakan gelar budaya.(kmgl/az)

 

 

 

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply