Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Diparpora Kabupaten Magelang Gelar Pelatihan Pemanfaatan Limbah Kriya Bagi Pelaku Ekonomi Kreatif

26 Oktober, kabarMagelang.com__Dinas Pariwisata Pemuda dan Olaraga (Disparpora) Kabupaten Magelang menyelenggarakan pelatihan pemanfaatan limbah kriya bagi pelaku ekonomi kreatif Magelang di Omah Budur, Desa Wnurejo, Kecamatan Borobudur, Magelang. (Rabu 26/10/2023). Kegitan dengan tema “Pemanfaatan Limbah” ini diikuti 50 orang pelaku ekonomi krestif yang ada di Kabupaten Magelang.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Disparpora Kabuputen Magelang yang diwakili Kepala Bidang Pemasaran dan Ekonomi Kreatif Disparpora Zumrotun RIni, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdaganagan Kabupaten Magelang dan Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Magelang, serta beberapa nara sumber/pemateri.

Kepala Bidang Pemasaran dan Ekonomi Kreatif Disparpora Zumrotun Rini, mengungkapkan yang mengikuti pelatihan ada 50 orang peserta pelaku yang dibuka secara online. Adapaun yang melatarbelakangi diselenggarakanya pelatihan adanya banyak pengembangan ekonomi dimana saat ini dituntut selalu berinovasi melalui pengembangan ekonomi kreatif.

“Salah satunya yaitu sub sektor kriya yang merupakan salah satu yang diunggulkan. Jadi kriya atau kerajinan selain banyak produk yang ditampilkan kita ambil tema pemanfaatan limbah, seperti limbah plastic, kaleng, biar bermanfaat dan menjadi sesuatu yang bernilai jual tinggi,” ungkapnya.

Dia menyebutkan dalam pelatihan ini Disparpora Kabupaten Magelang menghadirkan beberapa narasumber baik ahli kriya maupun pemasaran.

“Nara sumber, Nuryanto Omah Budur dan Nurprayitno dari Desa Tegalarum, ahli dalam memanfaatkan limbah yang ada di sekitar kita yang terbuang. Kemudian untuk pemasaran dari produk ini agar linknya lebih terbangun dengan pariwisata kita datangkan narasumber dari Pesona Magelang (Pesma)  Syahrudin.

“Sehingga kriya ini nantinya bisa untuk oleh-oleh tamu/wisatawan yang dikolaborasi juga dengan teman-teman pelaku wisata,” jelas Zumrotun.

Harapanya kedepan sektor kriya ini akan lebih berkembang lagi sehingga kenangan untuk para wisatawan lebih banyak lagi dengan demikian akan banyak wistawan berbelaja di Kabupaten Magelang.

Sementara Anggota Komisi II D{RD Kabupaten Magelang Gunawan, sangat mengapresaiasi kegitan ini. Dia menilai kegiatan ini inovasi programnya bagus.

“Ekonomi kreatif dikembangkan disini. Kita mendorong agar kegiatan seperti ini selalu ditingkatkan dan dikembangkan,” ujarnya.

Dia menegaskan jika programnya selalu inovatif, pihaknya akan selalu support, karena masyarakat saat sekarang mebutuhkan yang seperti ini.

“Jaman semakin berubah, apalagi sekarang masyarakat didominasi sama gen Z yang butuh dorongan kreatifitas, agar semakin berkembang. Maka kami berharap kegiatan seperti ini terus dikembangkan dan share wisata tidak hanya yang ada di Candi Borobudur, tetapi juga obyek-obyek wisata lainya yang ada di lingkungan Kabuoaten Magelang,” pungkas Gunawan.(kmgl/az). 

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply