Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Bawaslu Se - Jawa Tengah Menggelar Apel Siaga Pengawasan di Borobudur


23 November 2023, kabarMagelang.com__Seluruh jajaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Tengah tengah mengikuti apel siaga pengawasan di Candi Borobudur. Apel ini sebagai upaya kesiapan dalam menghadapi masa kampanye pemilu 2024. 

Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah M Amin mengungkapkan, pengawas pemilu merupakan ujung tombak dalam pengawasan pelaksanaan pemilu. Agar proses pesta demokrasi dapat berjalan sesuai dengan asas pemilu. Yakni langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Dia menjelaskan, panwaslu di tingkat desa atau kelurahan hingga provinsi memiliki tanggung jawab yang sama berat dan besar. 

"Untuk menjamin pemilu berjalan secara demokratis," tegasnya usai memimpin apel siaga pengawasan tahapan kampanye pemilu 2024 di area Marga Utama, kompleks Candi Borobudur, Kamis (23/11/2023). 

Amin mengatakan, jelang masa kampanye, banyak tugas yang siap menanti para penwaslu. Sehingga perlu pengoptimalan, pencegahan, dan identifikasi masalah terhadap isu-isu kampanye.

Apel siaga ini terdiri dari perwakilan kabupaten/kota di Jawa Tengah, guna memastikan kesiapan para panwaslu. 

"Mulai dari tingkat provinsi hingga pengawas tempat pemungutan suara (TPS). Juga memantau kesiapan para panwaslu agar menjalankan tugas sesuai kewenangannya," katanya. 

Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Tengah Muhammad Agung Hikmati mengatakan, bawaslu hadir dengan tugas dan fungsi untuk melakukan pencegahan dan meningkatkan pengawasan partisipasi masyarakat. 

"Selain itu, mereka bertugas melakukan pengawasan secara langsung proses pemilu yang berpotensi adanya pelanggaran," tandasnya.(kmgl/az). 

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply