Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Anggota Komisi IV DPR RI, Vita Ervina Menggelar Sosialisasi Pengendalian Pencemaran Air di Sutopati


23 November 2023, kabarMagelang.com__Anggota Komisi IV DPR RI,  Vita Ervina bersama Direktorat Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK menggelar sosialisasi pengendalian pencemaran air di Kabupaten Magelang. Kegiatan yang diikuti puluhan warga tersebut dilaksanakan di Rest Area Sutopati, Kecamatan Kajoran, Magelang, Kamis (23/11/2023). 

Anggota Komisi IV DPR RI fraksi Partai PDI Perjuangan Vita Ervina berharap dengan sosialisasi dan pembangunan IPAL tersebut dapat membantu masyarakat dalam pengendalian limbah khususnya limbah ternak.

”Dengan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa limbah pun dapat dimanfaatkan,” ungkapnya Kamis (23/11/2023)

Perwakilan dari Ditjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK, Aderina mengatakan bahwa limbah ternak bila tidak diolah bisa menimbulkan pencemaran.

”Bukan cuma manusia saja yang bisa mencemari, tapi ternak juga bisa. Bila limbahnya tidak diolah akan menimbulkan pencemaran udara karena baunya dan pencemaran air kalau kotorannya tidak diolah. Atau saat membersihkan kandang ternak dan airnya dibuang begitu saja, bisa mencemari air tanah dan mencemari badan air atau sungai di sekitar,” katanya.

Dia menyebut, salah satu cara untuk mencegah pencemaran tersebut yakni dengan IPAL untuk mengolah air limbah domestik dan limbah ternak. 

”Kotoran ternak memiliki nilai kalori yang tinggi jadi gas-gas metan dari kotoran itu, kita buatkan pengolahanya. Kotoran diubah menjadi gas yang bisa dimanfaatkan untuk mengganti gas LPG,” jelasnya. 

Aderina berharap masyarakat bisa manfaatkan biodigester yang sudah dibangun di Desa Sutopati ini, Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, turut dilakukan peninjauan IPAL yang sudah dibangun pada tahun 2023.(kmgl/az).


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply