Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Siap Awasi Kampanye Pemilu 2024, Bawaslu Gelar Apel Siaga Pengawasan di Candi Borobudur

kabarMagelang.com__Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Magelang, menggelar Apel SIaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2024, di Taman Lumbini, Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Senin (27/11/2023).

Apel Siaga Pengawasan bertajuk "Satyam Vada Dharmam Chara" tersebut diikuti seluruh jajaran Panwaslu Kecamatan dan Pengawas Desa/Kelurahan (PKD) se Kabupaten Magelang.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan penandatanganan Deklarasi Damai Pemilu 2024 dan beberapa hiburan kesenian tradisional, seperti pementasan wayang serangga, Sorengan, hingga orgen tunggal.

Hadir dalam Apel Siaga Pengawasan Kapolresta Magelang, Komandan Kodim 0705, Kajari, Ketua PN, Sekda, Ketua KPU Kabupaten Magelang, dan Pimpinan 18 partai politik di Magelang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang M. Habib Shaleh SS, menegaskan momentum ini merupakan bentuk tanggung jawab untuk mewujudkan Pemilu aman dan damai, LUBER JURDIL

“Lewat momentum ini, kita tegaskan kembali komitmen kita bersama, untuk melakukan Pengawasan Pemilu sebagai bentuk tanggung jawab untuk mewujudkan Pemilu aman dan damai, LUBER JURDIL,” ungkapnya.

Dipilihnya Candi Borobudur sebagai lokasi Apel SIaga Pengawasan, Habib mengatakan karena keinginanya meneladani nilai-nilai luhur yang terkandung dalam relief Candi.

“Borobudur adalah kitab suci, Borobudur adalah ilmu itu sendiri . Ilmu tentang kehidupan warisan leluhur kita. Maka kita memilih tema “Satyam Vada Dharmam Chara. Artinya bicaralah kebenaran praktikan kebajikan,” jelas Habib.

Dia menegaskan kepada seluruh jajaran pengawas di Kabupaten Magelang untuk mengopptimalkan pencegahan dengan mengidentifikasi permasalahan dan isu-isu tahapan kampanye.

“Petakan potensi kerawanan, jalin koordinasi dengan stakeholder. Lakukan pengawasan secara melekat, dan mencatat hasil pengawasan, serta memastikan seluruh jajaran pengawas di wilayah juga melakukan hal sama,” tegasnya.

Habib juga menambahkan bahwa tahapan pengawasan kampanye merupakan tugas dan milik Pengawasa Pemilu.

“Ini Tugas kita. Tidak ada yang lebih berhak menentukan mana yang melanggar mana yang tidak selain kita pengawas Pemilu,” tegas Habib.

Oleh karena itu, pengawas Pemilu harus menggunakan hak dan kewenangan semaksimal mungkin. Bersikap dan bertindak penuh tanggung jawab karena pada akhirnya pengawas akan mempertanggungjawabkan tugas dan kewenangan yang diberikan kepada publik kepada negara, dan Kepada Allah SWT.

“Inilah kenapa kita memilih Tanan Lumbhini.  Kita akan menjalani proses bersejarah PEMILU 2024. Kita akan menentukan sejarah. Mulai besok kita menulis sejarah,” terangnya.

“KPU adalah penyelenggara teknis pemilu. Namun kitalah yang akan memastikan Pemilu legitimate atau tidak. Maka Tema "Satyam Vada Dharmam Chara" akan menjadi Mantera Kita. Hafalkan, Hayati dan praktikan. Tidak hanya dalam tugas pengawasan namun juga dalam kehidupan sehari-hari,” harap Habib.

Yang menarik pada kegiatan tersebut seluruh peserta dan yang hadir berkenan memukul kentongan bersama, sebagai wujud kesiap siagaan pengawas dan masyarakat dalam mengawal, dan mengawasi, tahapan kampanye 2024 agar berjalan aman dan damai.

Kegiatan Apel SIaga Pengawasan Kampanye Pemilu 2024 juga diisi dengan penandatangan Deklarasi Damai Pemilu 2024 oleh Jajararan Forkompimda Kabupaten Magelang serta pimpinan Partai Politik Peserta Pemilu 2024. Deklarasi ini merupakan simbol komitmen untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang aman dan damai di Kabupaten Magelang.

Sebagai penutup kegiatan para perserta apel dihibur dengan pementasan kesenian yakni wayang serangga dengan dalang ki Agung Prasetyo, dilanjutkan pementasan Sorengan Bandungrejo Ngablak, serta Orgen tunggal.(kmgl/az).

 

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply