» » Opersi Zebra Candi libatkan Polisi Militer dan Provost

KABARMAGELANG.COM---Operasi Zebra Candi 2014 yang digelar Satuan Lalu Lintas Polres Magelang di Jalan Raya Magelang-Purworejo Mertoyudan Kabupaten Magelang, Selasa (2/12) melibatkan Polisi Militer (PM) dan Provost Akademi Militer. Hal itu sengaja dilakukan agar sasaran operasi tidak hanya masyarakat umum saja, namun juga merata di semua lapisan masyarakat seperti TNI/Polri.

Dalam operasi  ini, kendaraan yang ditempeli berbagai atribut TNI/Polri menjadi sasaran. Sebab, saat ini banyak warga sipil yang dengan sengaja memasang atribut TNI/Polri pada plat nomor dan badan motor.

Petugas tidak segan-segan melepas atribut yang bukan peruntukannya. "Kebanyakan warga sipil menempel atribut TNI/Polri agar mereka luput dari operasi," terang AKP Ahdi, Kanit Pendidikan dan Rekayasa Satlantas Polres Magelang.

Namun demikian, petugas tidak mau terkecoh dan atribut yang bukan peruntukannya tetap dilepas agar tidak disalahgunakan. "Kami tertibkan agar tidak disalahgunakan," terang Ahdi.

Ia juga menjelaskan, keterlibatan Polisi Militer Kodim 0705 dan Provost Akmil dalam Operasi  baru pertama kali ini dilakukan sejak operasi Zebra candi di gelar pada 26 November 2014 lalu. Selain agar terjadi keseimbangan dan menyentuh semua lapisan masyarakat, keterlibatan PM dan Provost untuk  mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terjadinya gesekan antara aparat TNI dan POLRI maupun dengan masyarakat umum.

Sebanyak 42 personil termasuk anggota PM diterjunkan dalam operasi ini. Mereka melakukan pemeriksaan satu per satu kendaraan bermotor yang melintas di Jalan Magelang Purworejo, tepatnya di depan SMA Taruna Nusantara, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang.
"Kendaraan yang diketahui tidak dilengkapi dengan surat-surat atau tidak mematuhi aturan lalu lintas, langsung ditindak di tempat," ujarnya.

Ia menyebutkan, sasaran dari operasi ini adalah pengendara yang tidak mengenakan kelengkapan berkendara seperti  helm standar, lalu kendaraan yang tidak dilengkapi surat-surat resmi dan kendaraan yang berpotensi menyebabkan kecelakaan seperti sepeda motor protolan, modifikasi, odong-odong dan sebagainya.

Sejak operasi Zebra candi di gelar, hingga hari ini sudah ada sekitar 1671 kendaraan yang ditilang dan 315 teguran. Sebagian besar kendaraan yang terjaring adalah sepeda motor. Sementara itu, operasi Zebra Candi ini akan digelar sampai 9 Desember 2014. (watie)


ket gambar:
Operasi Zebra Candi yang di gelar Polres Magelang, Selasa (2/12) melibatkan Polisi Militer dan provost Akademi Militer. Keterlibatan mereka agar sasaran operasi merata dan seimbang yakni masyarakat umum, TNI maupun POlri. (foto: ch kurniawati)


About watik

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply