» » Cuaca Ekstrim Strawberry Gagal Panen





KABARMAGELANG.COM _ Curah hujan yang cukup tinggi, puluhan hektar tanaman strawberry di lereng Gunung Merbabu dan Merapi Magelang terancam gagal panen, karena buah strawberry membusuk dan di serang lalat. Akibatnya petani strawberry mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.
Musim hujan biasanya musim yang di tumggu oleh para petani , namun tidak bagi petani strawberry di taman wisata Agro Inggit Strawberry Desa Banyuroto Kecamatan Sawangan Magelang ini, karena musim hujan menjadi kendala sendiri dalam memaksimalkan hasil panen mereka, berbagai hama muncul, seperti ulat, sehingga mengakibatkan tanaman dan buah strawberry membusuk.
Semi salah satu petani strawberry mengatakan, “Cuaca yang cukup ekstrim ini, juga membuat pertumbuhan buah strawberry tidak bisa maksimal, bahkan buahnya mengecil, karena mengembun,”Katanya, 
“Panenan  buah strawberry menurun drastic, seminggu hanya bias memanen lima puluh kilo, biasanya kalau musim kemarau bias mencapai dua ratus kilo,” Tambahnya.
Para petani strawberry di Kecamatan Sawangan berharap Pemerintah bisa mencarikan solusi terutama pada saat musim penghujan seperti ini, karena selain memberikan keuntungan bagi warga dan petani, juga bagi para pengunjung wisata, mengingat di sekitar lahan strawberry merupakan obyek wisata Ketep Pas yang setiap hari di kunjungi wisatawan. (Ad).

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply