» » Cihera Harapan Masyarakat Petani Borobudur





BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__ Kelompok tani “Pelita Jaya” Dusun Cakran, Desa Kebonsari, Kecamatan Borobudur, Magelang, menanam padi varietas Cihera secara serempak selasa (19/5). Kegiatan yang mendapat apresiasi dari ketua DPRD tersebut bertujuan untuk mendukung program swadaya pangan pajale (Padi, Jagung, Kedelai) pemerintah tahun 2017.

Ketua DPRD Kabupaten Magelang, Saryan Adiyanto SE. mengatakan, pihaknya sangat mendukung optimasi padi jenis cihera ini. Namun seharusnya pemerintah harus mendorong kemandirian, kedaulatan terlebih dulu, baru masuk ketahanan pangan. “Infrastruktur seperti saluran-saluran irigasi harus dibenahi dan dilengkapi dahulu. Baru setelah itu, bicara kemandirian, kedaulatan dan ketahanan pangan,” terangnya.

Terlepas dari itu, pihaknya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Kelompok Tani Pelita Jaya tersebut. “Semoga bisa  diikuti kelompok tani lain. Termasuk bantuan dari anggota TNI dari Kodim 0705 Magelang, yang turut mensukseskan program swadaya pajale ini,” kata Sariyan.

Sementara petugas Tenaga Harian Lepas (THL) Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (TBPP) Borobudur, Habib Musholeh, menjelaskan, varietas padi Cihera sengaja dipilih. Selain masa panennya lebih cepat, jumlah anakannya juga banyak, dan tidak terlalu membutuhkan air banyak. “Selain tidak membutuhkan air banyak, jumlah anakannya juga lebih banyak dan masa perawatan lebih pendek sehingga panennya lebih cepat,”terangnya. 

Ketua Kelompok Tani Pelita Jaya, Supriyadi menambahkan, untuk mendukung program swasembada pangan pajale ini, pihaknya telah menerima bantuan benih sebanyak 340 kg dan 20 ton pupuk organik. “Kami juga mendapat bantuan pupuk kimia, pupuk organik cair dan NPK. Ini untuk menunjang suksesnya program pajale,”tuturnya.

            Menanggapi apa yang di sampaikan Ketua DPRD, Kepala Desa Kebonsari, Dwi Rimbang Prasetyo membenarkan bahwa selama ini, kendala yang dihadapi para petani diwilayahnya adalah soal keterbatasan air saat musim kemarau. “Saluran-saluran irigasi harus dibenahi. Kami juga minta ada peningkatan SDM petani, terutama soal penerapan teknologi pertanian,”ungkapnya.(zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply