» » Jalan Penghubung Antar Kecamatan Amblas





KABARMAGELANG.COM_Hujan deras selama dua hari menyebabkan jalan aspal di Dusun Tanggulboyo Desa  Tanggulrejo Kecamatan Tempuran Magelang amblas dan sebagian longsor Sabtu petang (2/5). Kondisi ini menyebabkan akses jalan menuju Dusun Kalisari dan Dusun  Banjarharjo Kecamatan  Salaman Kabupaten  Magelang terpaksa ditutup. Tidak jauh dari lokasi tersebut satu rumah warga terkena longsoran setinggi dua meter.

Camat Tempuran Daryoko Umar Singgih SIP, menjelaskan jalan penghubung antar Desa dan Kecamatan tersebut amblas dan longsor setelah hujan deras terjadi di wilayah ini.”Jalan amblas sepanjang 40 meter dengan kedalaman mencapai 70 cm,”katanya.

“Sebenarnya pada awal Desember 2014 lalu sudah ada tanda- tanda keretakan di jalan tersebut. Kami sudah melaporkan ke Kabupaten tetapi belum ada tindak lanjutnya,”Jelasnya.

Selain amblas juga terjadi longsor setinggi dua meter dengan panjang tiga meter menimpa halaman samping rumah Asmui (45)  Dusun Jrenggeng II Desa Tanggulrejo Kecamatan Tempuran, Magelang. “Longsoranya menutup saluran air (drainase) dan jalan Dusun serta menghantam tembok,”Terang Daryoko.

“Kami akan segera  mengupayakan bantuan untuk perbaikan jalan serta bantuan kepada warga yang terkena longsor ke Pemda agar segera tertangani mengingat jalan itu merupakan akses satu-satunya menuju ke Kecamatan Salaman,”pungkasnya. 

Demi keamanan akses jalan penghubung dua Desa dan Kecamatan tersebut terpaksa ditutup . Warga yang melintas untuk sementara terpaksa memutar sejauh satu kilometer  melewati Dusun  Pokoh  dan Dusun  Balong  Desa Tanggulrejo Kecamatan Tempuran.


Terpisah, Kepala Bidang Kedaruratan Bencana dan Logistik BPBD Kabupaten Magelang, Joko Sudibyo mengatakan bahwa tim TRC sudah melakukan survei ke lokasi. Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan DPUESDM terkait tindak lanjut yang akan dilaksanakan.

"Kemarin sudah survei, TRC sudah ke lokasi. Kita juga sudah koordinasi dengan DPUESDM. Karena itu adalah jalan poros desa, maka perlu dikoordinasikan dengan desa dan kecamatan. Akan kita pertemukan dan koordinasi bersama besok secepatnya," tegas Joko.(zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply