» » Makam Leluhur Terpaksa Di Bongkar Hanya Untuk Jalan

NGLUWAR, KABARMAGELANG.com__Meski mendapat tentangan dari ratusan warga , rencan pembangunan jalan yang melewati  areal makam Giriloyo milik warga  tetap di lanjutkan. Akibatnya Ratusan warga Dusun Karanggeneng Desa Jamus Kauman Kecamatan Ngluwar Magelang,  terpaksa membuat makam baru dan membongkarnya untuk di pindahkan.  Panitia pembangunan jalan beralsan jalan yang akan di bangun harus lurus. Perbedaan pendapat ini menimbulkan perpecahan masyarakat di Dusun tersebut.

                Sedikitnya ada tiga makam yang terpaksa dipindah yakni makam  Ny Jowiryo Singodimejo (meninggal tahun 1960-an), makam  Hadi Kaswoto (meninggal tahun 2008), dan makam  saudaranya Ny Sunarti (meninggal tahun 2008).

               Suwarto (62), ahli waris Ny Jowiryo Singodimejo, mengatakan pada dasarnya pihaknya tidak menolak pembanguan jalan tersebut, asal jangan menerjang makam. "Kami tidak menolak pembangunan jalan , tetapi jangan  menerjang makam, kan bisa di geser barang satu meter di sebelahnya, " katanya.

               Tokoh masyarakat Jamus Kauman Muhammad Jawahir menjelaskan  pemindahan
makam tersebut sebenarnya sudah ada upaya dialog serta pertemuan di Balai Desa.
“Namun panitia tetap ngotot jalan melewati atas makam. Kerabat dan ahli waris tentu saja tidak terima makam keluarga mereka diuruk buat jalan," kata Jawahir.


              Sementara Ketua RT 5 Dusun Karanggeneng Slamet Haryanto menjelaskan dirinyalah
yang menggagas pembangunan jalan paving block. Namun ide semula jalan baru melalui pinggiran areal makam sehingga tidak merusak makam yang sudah ada. "Namun sebagian panitia  ngotot jalan melewati makam. Karena tidak
setuju saya memilih mengundurkan diri dari jabatan ketua panitia,"
terangnya.

             “Pembangunan jalan tersebut dimaksudkan untuk mempermudah akses peziarah ke lokasi makam tokoh. Dengan mudahnya akses jalan diharapkan peziarah di  Karanggeneng ini akan meningkat, “tandas Slamet.(zis)





About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply