» » Ratusan Peserta UMKM Ikuti Pameran Semarak Gemilang




SALAMAN, KABARMAGELANG.com__Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP buka bameran UMKM di Lapangan Menoreh Salaman (2/10). Pameran yang bertajuk  “Semarak Gemilang”  ini di selenggarakan oleh Disperinkop Kabupaten Magelang dan diikuti oleh ratusan peserta UMKM.

Bupati menjelaskan, pameran UMKM ini  memiliki arti yang strategis dan relevan dalam upaya menggugah dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam peningkatan ekonomi mikro yang terus berkembang. “Melalui pameran ini, Pemerintah Daerah berupaya mempertemukan secara langsung produsen UMKM dengan konsumennya. ” katanya.

“Kami berharap, event ini dapat dijadikan momentum awal bagi peningkatan ekonomi daerah dan kesejahteraan rakyat, yang sudah barang tentu memerlukan dukungan semua pihak termasuk dunia perbankan,”harap Zaenal.

Zaenal juga menyebutkan,  bahwa Kabupaten Magelang memiliki potensi UMKM yang cukup tinggi. Saat ini KABUPATEN Magelang memiliki lebih dari 106.000 unit usaha UMKM yang tersebar di 21 kecamatan, dengan berbagai produk akhir, seperti makanan olahan, kerajinan, batik, butik dan aneka kuliner khas yang lain.  “Semuanya berbasis potensi lokal, dan  mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 161.552 orang, “jelasnya.

“Namun demikian  UMKM kita secara makro masih mempunyai beberapa kelemahan dan   menghadapi banyak kendala  serta   permasalahan-permasalahan, diantaranya  masalah permodalan, ketersediaan bahan baku pada komoditas produk  tertentu,  dan masalah pemasaran serta masih rendahnya kemampuan SDM, “ungkap Zaenal.

Untuk itu, berbagai langkah pengembangan, pembinaan dan  motivasi usaha perlu dilakukan agar mampu meningkatkan produktivitas tenaga kerja, kemampuan mendesain  produk, kemampuan inovasi dan legalisasi, serta kesadaran akan sertifikasi produk yang dihasilkan.

Kita semua tentunya berharap dengan diberlakukannya kebijakan MEA nantinya akan mampu menggerakkan perdagangan di sektor UMKM untuk menembus pasar ekspor luar negeri, sehingga pada ujungnya akan mampu meningkatkan kesejahteraan para pelaku UMKM itu sendiri.

 “Untuk itulah, para pelaku UMKM saat ini dituntut untuk semakin professional, kreatif, inovatif dan berwawasan global, karena ke depan akan timbul persaingan yang cukup ketat, baik persaingan dengan produk-produk dari luar negeri, maupun persaingan antar tenaga kerjanya, “tandasnya.

“Seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang, agar dapat memberikan contoh nyata keberpihakannya pada produk UMKM, ”tambah Bupati.

Kadisperinkop UMKM Kabupaten Magelang Masrur SE, mengatakan Pameran “Semarak Gemilang 2015” ini dilaksanakan selama tiga hari 2-4 Oktober 2015 yang diikuti oleh  UMKM makanan olahan 49 peserta, UMKM Kuliner 18 peserta, UMKM Batik 7 Peserta, UMKM Kerajinan 36 peserta, Komunitas 4 peserta, Batu Mulia 6 peserta, Dinas terkait 8 peserta.(zis)

.

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply