» » Usap Kepala Anak Yatim, Syuro Bukan Bulan Menakutkan




MUNTILAN, KABARMAGELANG.com__Wakil Bupati Magelang Zaenal Arifin bersama Ketua MUI dan Kakan Kemenag salurkan  santunan dan usap kepala 140 anak yatim. Wabup mengajak masyarakat untuk menjadikan bulan  muharam sebagai hari kasih sayang dan hari berbagi dengan anak yatim, dan bukan menjadikannya sebagai bulan yang menakutkan.

"Bulan muharam bulan yang dimuliakan. Kami membuat acara khusus untuk berbagi cinta dengan anak yatim," kata Zaenal Arifin saat menyalurkan santunan untuk 140 anak yatim dan 70 guru ngaji se-Kecamatan Muntilan Kamis (22/10).

Menurutnya masyarakat Jawa menganggap bulan Muharam (syuro) sebagai bulan yang menakutkan dan keramat. Masyarakat bahkan tidak berani menyelenggarakan hajat seperti, mantu, sunatan maupun membangun rumah. “Padahal 10 Muharam merupakan momen penting dalam sejaran umat Islam, “jelasnya.

“Untuk umat Islam khusunya mari kita  mensikapi Muharam dengan tepat. Yakni berbagi cinta dan kasih sayang dengan sesama manusia di lingkungan sekitar mereka, terutama anak yatim, “tutur Zaenal. 

Zaenal menambahkan bahwa umat Islam pada bulan syuro disarankan untuk membiasakan diri mengelus rambut anak yatim. "Namun jangan sekedar mengelus saja. Ini majas yang maksudnya menyantuni mereka, “jelasnya.

Senada dengan Ketua MUI KH Afiffudin LC, dia  mengajak umat Islam untuk berlomba-lomba menebar kebaikan selama Muharam karena merupakan bulan penuh kehormatan. “Jalani bulan Muharam ini dengan memperbanyak amal sholeh, ibadah puasa, shalat dan lainnya, “tandasnya. (zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply