» » Jalan Sehat Pungut Sampah



SALAMAN, KABARMAGELANG.com__ Jalan sehat peduli lingkungan, ratusan warga Dusun Kauman, Desa/Kecamatan Salaman, Magelang menggelar jalan sehat dengan bertema sampah. Sambil jalan sehat keliling desa, mereka memungut sampah yang di temukan baik di jalan maupun  pekarangan rumah.

Setelah berjalan kaki sejauh 4,5 km, warga Salaman berhasil mengumpulkan 159 kg sampah.
Sampah tersebut kemudian dikumpulkan di bank sampah Kemilau Dusun Kauman. "Sampah organik kami buat pupuk kompos, sampah plastik dibuat kerajinan dan lainnya dijual ke pengepul," jelas Ketua bank sampah Kemilau Kauman Heri Prastuti.

Menurut Heri Prastuti sejak beroperasi tahun 2007, pihaknya bisa mengumpulkan sekitar 1 kwintal sampah berbagai jenis setiap bulan. "Kami menerapkan sistem tabungan.70 persen sampah menjadi hak penabung dan 30 persen untuk kas. Dan menjelang Lebaran tabungan sampah bisa diuangkan," terang Heri.

Koordinator Magelang Peduli Lingkungan (MPL) Atin Nurhayati ,  menambahkan pihaknya kini memiliki 84 bank sampah. Jumlah ini bertambah pesat karena pada tahun 2014 baru ada 15 bank sampah.

"Bank sampah ini memberikan manfaat untuk ekologi dan ekonomi untuk masyarakat. Kami minta semua komponen mendukung bank sampah, termasuk pemdes lewat anggaran desa," harapnya. (zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply