» » Tradisi Saparan Arak Kambing




BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Ratusan warga Dusun Gedongan, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, laksanakan tradisi arak kambing. Tradisi unik merti dusun di bulan sapar ini selalu di dahului dengan prosesi pengambilan air yang di masukkan dalam kendi dari sumber air kemudian  di arak belasan ekor kambing.

Usai prosesi pengambilan air di Kali Sileng belasan orang warga menunggu di sebuah pertigaan dusun dengan membawa kambing untuk menyambut kedatangan air dan mengaraknya menuju perempatan tengah dusun yang diikuti oleh ratusan warga setempat.

Sesampai perempatan terlihat sepasang ekor kambing jantan dan betina menunggu untuk di mandikan dengan air yang baru diambil dari sungai sileng tersrebut. Setelah kedua kambing yang dihiasi dengan janur ini, selesai di mandikan kemudian di sembelih yang di laksankan oleh sesepuh dusun. Hal tersebut dilakukan sebagi persembahan kepada Tuhan atas berkah yang telah di berikan kepada warga setempat.

Sementara kaki kambing yang sudah di sembelih di kubur di empat penjuru dusun. Masing-masing penjuru di kubur sepasang kaki dari jantan dan betina. Hal ini di artikan sebagai benteng dusun dari serangan bala (penyakit).

Sesepuh Dusun Gedongan Slamet (67) menjelaskan bahwa merti dusun ini adalah bagian dari penghormatan warga kepada leluhur yang sudah mewariskan tradisi ini. “Selain itu kegiatan ini juga sebagai simbul dari warga yang sangat mencintai serta merawat alam dan isinya, “ungkap Slamet.

Sementara kertua panitia Sunitri menerangkan kegiatan ini merupakan tradisi saparan yang ada sejak dahulu, hanya untuk kali ini sengaja di buat lebih meriah. “Selain ritual beberapa pementasan kesenian yang ada di dusun ini, “katanya.

“Harapan kami di tahun yang akan datang tradisi turun temurun ini akan semakin lebih sacral dan meriah, “harap Sunitri yang akrab di sapa Gotri ini,

Acara di tutup dengan makan kembul siapa saja yang hadir di haruskan ikut makan bersama, nasi dengan lauk ikan kambing yang sebelumnya di sembelih sebagai persembahan. Dan di lanjutkan berbagai pementasan kesenian yang ada di di Dusun tersebut. (zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply