» » Pendamping PKH Dukun Berikan Pelatihan Membatik Kepada Ratusan KSM Lereng Merapi



DUKUN, KABARMAGELANG.com__Pendamping Program  Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Dukun, berikan pelatihan membatik kepada ratusan ibu-ibu binaanya di lereng merapi. Peserta yang mayoritas kaum perempuan tersebut rata-rata adalah dari keluarga kurang mampu dan bekerja sebagai buruh dan petani.

Ketua Pendamping PKH Kecamatan Dukun, Wahyu Kurniawan, menjelaskan membatik merupakan salah satu bentuk pendampingan moral setelah pendampingan administratif pada awal program ini dilaksanakan.

"Kegiatan ini salah satu pendampingan kami untuk meningkatkan kapasitas ibu-ibu, minimal mereka bisa memiliki keterampilan khusus," jelasnya.

Wahyu mengatakan pihaknya sengaja mendatangkan pelatih batik profesional agar mereka benar-benar mengerti bagaimana cara membatik dengan benar. Selanjutnya mereka juga dilatih untuk mengemas hingga memasarkan batik hasil karyanya. Batik yang dihasilkan berupa batik tulis khas Merapi yang belum pernah di kembangkan di wilayah lereng merapi ini.

"Untuk anggota yang tidak cocok membatik, rencana kita akan meberikan pelatihan lainya seperti mebuat souvenir, makanan, dan sebagainya, “terangnya.

Sementara Fatah yang juga Pendamping PKH menyebutkan, bahwa saat ini sudah ada 11 kelompok KSM dari seluruh Kecamatan Dukun yang mendapat pelatihan membatik. Mereka adalah dari keluarga miskin yang mendapatkan prioritas bantuan tunai pendidikan dan kesehatan dari Kementrian Sosial RI setiap triwulan sekali.

“Dengan memiliki keterampilan khusus, biar bisa menjadi bekal mereka untuk mencukupi keluarga masing-masing dan tidak lagi bergantung dengan bantuan pemerintah. Kita berharap,  mereka nantinya bisa mandiri dengan kemampuan mereka sendiri,"harap Fatah

Salah satu pesrta PKH Minah (48) warga Desa Ketunggeng, Kecamatan Dukun, mengaku senang bisa mendapatkan pelatihan dari Pendamping PKH. Meskipun masih tampak canggung mengikuti ini dia tetap semangat dan tekun mengikuti pelatihan membatik bersama dengan ibu-ibu lainya. "Masih belajar. Jadi masih kaku, hasilnya juga belum bagus. Tapi saya senang bisa belajar, mudah-mudahan bisa bermanfaat," katanya.

Minah adalah salah satu dari ratusan wanita yang mendapat pelatihan membatik dari pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kementrian Sosial di wilayah Kecamatan Dukun. Sedangkan  PKH adalah merupakan program bantuan perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada Keluarga Sangat Miskin (KSM).(zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply