» » Satu Rumah Rusak Enam Lainya Terancam Longsor Susulan

BANDINGAN, KABARMAGELANG.com__Hujan deras yang terus menerus mengakibatkan terjadi longsor di Dusun Semitan, Desa Trasan, Kecamatan Bandongan Selasa (26/4).  Akibat kejadian tersebut  beberapa rumah terancam longsor susulan. Mereka berharap pemerintah segera membantu membangunkan talut pencegah longsor.

Salah satu warga Heri Kusnadi mengatakan longsor terjadi di atas sungai Semawang yang merupakan tebing dimana diatas tebing terdapat bebrapa bangunan rumah milik warga, akibatnya jarak bangunan rumah dengan tebing saat ini kurang dari satu meter, dan masih berpotensi longsor.

“Saat ini warga yang berada di sepanjang tebing merasa kawatir akan terjadi longsor susulan terutama saat hujan deras, “katanya.

Dia menyebutkan bebrapa rumah yang kondisinya terancam longsor diantaranya milik Rohmat, Sumarni, Nur, Jalidin, Takum, Sumiyati, Edi Sulistiono, dan lainya. Bahkan rumah milik Edi Sulistiono di bagian kamar mandi sudah roboh karena pondasinya tergerus longsor.

“Dinding Kamar mandi sebagian sampai roboh dan  tidak bisa digunakan lagi, “jelas Heri.

Kurdasiah yang merupakan istri Edi berharap agar pemerintah segera membangun talut atau senderan di sepanjang sungai yang atasnya merupakan beberapa bangunan rumah warga yang sampai saat ini masih dihuni.

“Terus terang kami merasa was-was apalagi jika hujan turun. Kami berharap pemerintah segera membangun talut sehingga tidak akan terjadi longsor lagi, “ucapnya.

Warga lainya Wanto menambahkan, awalnya sungai itu hanya sebuah parit kecil. Namun seiring berjalanya waktu, parit semakin melebar dan sering dilalui banjir. Akibatnya, tanah di bantaran sungai itu selalu terkikis. 

“Parit itu awalnya hanya memiliki lebar 1 meter dan kedalaman 1 meter. Namun karena tanahnya terus terkikis, kini kedalamanya mencapai 10 meter dan kelebaran sekitar 15 meter, “tandasnya.(zis)




About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply