» » Satlantas Polres Magelang Pasang CCTV Pada Titik Rawan Kemacetan Arus Lebaran

MERTOYUDAN, KABARMAGELANG.com__Tujuh kamera pengawas atau kamera CCTV telah disiapkan oleh Polres Magelang untuk memantau arus lalu lintas di sepanjang jalan utama Kabupaten Magelang. CCTV tersebut di tempatkan  pada titik-titik yang berpotensi mengalami kepadatan dan kemacetan.

Kapolres Magelang, AKBP Zain Dwi Nugroho menyebutkan, tujuh kamera CCTV yang sudah terpasang  diantaranya  di Secang, Artos, Palbapang, dan Muntilan.

"CCTV kita pantau setiap saat. Kalau nanti ada kepadatan, akan langsung kita tindak lanjuti dengan mengerahkan tim
urai ke lokasi kemacetan," jelasnya saat memantau kegiatan simulasi pengalihan arus depan Artoz Mertyudan, Senin (27/6). 

Menurutnya  di wilayah Magelang sedikitnya lima titik yang rawan dan berpotensi mengalami kepadatan selama arus mudik dan balik. Yakni di pertigaan Secang, Artos, Palbapang, dan Tape Ketan Muntilan, serta Salam.

"Antisipasi yang kita lakukan sejak sekarang antara lain ploting personel dan sarana prasarana serta simulasi rekayasa lalu lintas di
beberapa trouble spot," jelas Zain.

Dikatakannya, simulasi di depan Artos melibatkan Polres Magelang dan Polres Magelang Kota. Diharapkan, setelah simulasi tersebut, akan
diketahui kekurangan personel maupun kelengkapan, sehingga akan segera diperbaiki sebelum hari H prediksi arus mudik.

"Secara umum, kita tidak menemui kendala dari hasil simulasi. Hanya saja, perlu ada barikade di beberapa titik dan pengalihan rekayasa
arus lalu lintas harus disamakan antara Polres Magelang dan Polres Kota," kata Zain.

Sementara Kasat Lantas Polres Magelang, AKP Maryadi menandaskan, simpang empat di depan Artos menjadi salah satu titik yang pasti mengalami kemacetan, yang disebabkan antara badan jalan dan arus tidak seimbang.

"Selain itu, kesadaran para pengguna jalan juga masih kurang, serta keberadaan rambu lalu lintas masih kurang," ujarnya.

Adapun selama arus mudik dan balik, Lantas Polres Magelang akan menerapkan sejumlah rekayasa lalu lintas.
Khusus di depan Artos, kendaraan dari arah Semarang yang akan menuju Purworejo akan diluruskan lebih dulu ke arah Jogjakarta. Kurang lebih satu kilometer akan ada jalan putar balik, atau bisa melewati pertigaan Blondo.

Sementara, kendaraan dari arah Jogjakarta yang akan ke Semarang akan dilewatkan putaran depan Artos terlebih dahulu, baru kemudian ke arah
Jalan Sukarno-Hatta. Sedangkan kendaraan dari arah Kota Magelang yang akan menuju Ke Kabupaten, dialihkan ke kiri atau memutar melalui Jalan Sukarno-Hatta baru ke arah Jogjakarta.

"Selain di titik Artos, kita juga udah persiapkan jalan alternatif dari Krincing Secang tembus ke Menowo. Sementara  arah
dari Jogjakarta ke Borobudur tetap seperti biasa melewati Palbapang ke kiri," tandas Maryadi.(zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply