» » Ribuan Umat Budha Ikuti Perayaan Asadha Di Candi Borobudur

BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__ Ribuan  umat Budha seluruh Indonesia dan beberapa negara tetangga mengikuti perayaan Hari Raya Asadha Mahapuja 2560 BE / 2016 di Taman Lumbini Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, (15/7). Perayaan yang diisi dengan pembacaan Tipitaka Chanting tersebut akan berlangsung selama tiga hari yakni hingga Minggu (17/7) lusa,  yang akan ditutup dengan prosesi arak-arakan dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur.

Penbimmas Budha Sutarso,  menjelaskan ada dua rangkaian inti kegiatan yakni Tipitaka Chanting,  dan puja bhakti agung perayaan Asadha. Makna Tipitaka Chanting sendiri adalah mengulang kembali khotbah-khotbah Guru Agung Budha, membaca apa-apa yang dimuat di Tipitaka dan sudah kedua kalinya di selenggarakan di Indonesia.

"Kegiatan ini bertujuan selain sebagai peringatan peringatan khotbah Guru Agung Buddha Gotama, juga untuk mengajak umat Buddha agar senang membaca, "katanya di sela-sela kegiatannya di Candi Borobudur Jumat (15/7).

Dia menyebutkan bahwa Tipitaka adalah kitab suci yang dulunya berupa tuturan lesan, baru pada abad keenam ditulis menjadi buku.

“Pembacaan Tipitaka perlu diulang-ulang agar  paham, sekaligus melestarikan isi tulisan tersebut," terangnya.

Sutarso, juga menegaskan bahwa peringatan ini merupakan yang kedua kalinya di selenggarakan di Candi Borobudur ini. Dia berharap  kegiatan Tipitaka Chanting ini bisa membangkitkan semangat serta bisa memperkokoh umat Buddha diseluruh indonesia.

“Sebagai  puncak perayaan adalah  prosesi arak-arakan dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur yang dilanjutkan  dengan pembacaan parita dan mendengarkan khotbah. Kegiatan  ditutup dengan perayaan Asadha yang rencana dihadiri oleh Gubernur jateng dan Menteri Agama," jelas Sutarso.(zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply