» » Pedagang BBM Eceran Jenis Premium Harus Beralih Ke Pertalite

SRUMBUNG, KABARMAGELANG.com__Sebagian pedagang bahan bakar minyak (BBM) eceran jenis premium di Kabupaten Magelang, berhenti berjualan untuk sementara, meskipun sebagian juga ada yang mulai menawarkan BBM pertalite. Hal ini menyusul surat edaran dari Pertamina yang melarang SPBU menjual BBM premiun dan solar kepada pedagang eceran.

Salah satu pedagang eceran Muslim, yang biasa menjajakan premium eceran  di Jalan raya Srumbung, mengaku untuk sementara tidak berjualan BBM,  sejak ada  larangan pembelian premium di SPBU menggunakan jerigen. Dia belum berani beralih ke pertalite atau pertamax karena tidak mau mengambil resiko terlebih masyarakat di sekitar belum terbiasa menggunakan bahan bakar jenis ini.

"Sementara ngga jualan, karena kalau pertalite kan belum jelas pasarannya. Sementara kalau pertamax pasarannya (konsumen) menengah ke atas," ujarnya Kamis (18/8).

Lain lagi dengan Muhammad Iqbal, penjual BBM eceran di jalan  Magelang-Kopeng, Desa Banyuurip, Kecamatan Tegalrejo, menyebutkan  sejak dua pekan lalu sejumlah SPBU di sekitar tempat tinggalnya tidak lagi melayani penjualan premium kepada pedagang eceran.  Diapun  mencoba menjual BBM jenis pertalite secara eceran. Awalnya, kata Iqbal, pembeli ragu untuk membeli pertalite yang tampak berwarna kebiruan.

"Waktu awal-awal, pembeli yang datang ragu-ragu kalau mau beli, mereka mengira kalau pertalite itu bensin campuran karena warnanya biru," ungkap Iqbal

Namun lambat laun, pembeli sudah terbiasa. Terlebih hampir semua SBPU di wilayah Kabupaten Magelang sudah mengurangi penjualan premium kepada pengendara kendaraan bermotor. Bahkan ada SPBU yang sudah tidak lagi menjual premium.

"Saya jual pertalite 1 liter Rp 8.000," kata Iqba.

Sementara pengawas SPBU di Talun, Kecamatan Dukun Yogi Mulyantoro, mengakui jika sejak Rabu pekan lalu pihaknya sudah tidak lagi menjual premium. Hal ini sesuai dengan instruksi Pertamina yang ingin menekan konsumsi premium di masyarakat.

"Kalau kami sudah tidak menyediakan (premium) lagi, diganti dengan pertalite," tandasnya.(zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply