» » Belum Ada Satupun Kabupaten/Kota “Smart City” Di Indonesia

MERTOYUDAN, KABARMAGELANG_com__Pemrakarsa Smart City Indonesia Prof Dr Suhono Harso Supangkat menyatakan sampai saat ini belum ada daerah yang sudah berstatus smart City. Hal tersebut di ungkapkanya seusai menjadi pembicara dalam seminar nasional yang berkolaborasi dengan pemerintah daerah, perguruan tinggi dan industri menuju smart and sustainable city di gedung Universitas Muhammadiyah (UMM) Kecamatan Mertoyudan, Magelang, Kamis (22/9).

“Sejumlah daerah yang ada sejauh ini baru sebatas mengklaim sebagai Smart City. Di Indonesia, belum ada kota/kabupaten yang berstatus Smart City,” ujar Prof Dr Suhono Harso.

Suhono juga mengungkapkan, tahun lalu pihaknya melakukan pengukuran indikator pencapaian Smart City di berbagai daerah di Indonesia seperti Surabaya, Bandung, Tangerang, Bekasi, Bogor, Tangerang Selatan dan Kota Magelang, serta  di luar Jawa seperti Pontianak, Makassar dan lain-lainnya.  Dan hasil pengukuran tersebut rata-rata berada di bawah 60. Sementra untuk menjadi smart harus mencapai nilai diatas 80.   

“Beberapa kreteria yang harus dipenuhi sebagai daerah smart city seperti bagaimana kesiapan orangnya, regulasi, teknologi, infrastruktur untuk ke arah sosial, pasar, pengeloaan sampah, energi, air dan sebagainya. Tidak ada banjir, tidak  ada sampah, tidak ada pengangguran, dan tidak ada macet,” jelasnya.

Dia menegaskan bahwa sampai saat ini belum ada satupun daerah di Indonesia yang sudah berstatus smart city. “Semua masih baru menuju smart city. Jika ada daerah yang berani menyatakan demikian itu hanya klaim mereka,” tegas Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB) ini.

Dalam seminar nasional yang dihadiri   ratusan peserta dari berbagai kalangan tersebut hadir beberapa pembicara seperti Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito, Sekretaris Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti Prof Sutrisna Wibawa, Ketua Asosiasi Pendidikan Tinggi Komputer Indonesia (Aptikom) Prof Zaenal Arifin Hasibuan (Guru Besar UI) dan GM Commercial & Development PT Jababeka Infrastruktur Endy A Budyanto (pengembang Smart City Nasional).

“Smart City merupakan konsep kota cerdas/pintar yang membantu masyarakat dengan mengelola sumber daya yang ada secara efisien, sehingga bisa  memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat/lembaga dalam setiap kegiatan,” tandas Walikota Magelang Sigit Widyonindito.(zis)



About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply