» » HUT Polantas Ke-61 Salantas Polres Magelang Sumbang Darah

MUNTILAN, KABARMAGELANG.com__Tiga ribu jiwa melayang akibat kecelakaan selama smester pertama tahun 2016 yang terjadi di Jawa Tengah. Dari delapan ribu kasus yang terjadi mayoritas pelanggaran di alami pengendara roda dua akibat tidak mematuhi peraturan lalu lintas.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Jawa Tengah, AKBP Pungky Santoso, menjelaskan angka kecelakaan lalu lintas di Jawa Tengah, termasuk Kabupaten Magelang selama semester pertama tahun 2016 mengalami kenaikan.

“Jumlah ini meningkat dibanding tahun sebelumnya," jelas di sela-sela bakti sosial Polres Magelang dalam rangka HUT Lalu Lintas ke-61 di Terminal Muntilan, Rabu (21/9).

Untuk itu, pihaknya selalu berupaya melakukan langkah pencegahan dan antisipasi agar angka lakalantas bisa menurun. Salah satunya melalui sosialisasi dan bakti sosial yang diselingi dengan kegiatan safety riding.

"Sasaran kita termasuk di terminal, yang menjadi salah satu titik kumpul moda transportasi. Khususnya, moda transportasidarat," ujar Pungky.

Dia  berharap, agar masyarakat tidak hanya mengandalkan petugas kepolisian dalam upaya pencegahan lakalantas. Mengingat, di dunia transportasi ada banyak pihak yang berperan.

"Ada pengguna jalan, penumpang, pemilik bis atau angkutan umum, dan lainnya. Semua harus bisa bekerjasama mendukung kepolisian dalam mencegah lakalantas. Jangan sampai polisi bekerja sendiri," tegas Pungky.

Sementara Kasat Lantas Polres Magelang, AKP Maryadi menambahkan, perayaan HUT Lalin ke 61 tahun ini digelar dengan sederhana.

"Beberapa kegiatan yang kita laksanakan baksos berupa bersih-bersih terminal bersama dengan masyarakat sekitar, donor darah, pembagian sembako, pentas seni tradisional, safety riding, dan lainnya," jelasnya.

Mantan Kapolsek Borobudur ini bertekad  kegiatan safety riding akan selalu dilaksanakan dalam setiap acara dengan diharapkan bisa menciptakan kondisi kamseltibcar lalu lintas guna  mencegah lakalantas.

“Khusus di Kabupaten Magelang, angka lakalantas bulan September ini menurun dibanding sebelumnya. Paling banyak di bulan Januari sampai dengan April kemarin," ungkap Maryadi  tanpa menyebut jumlah angka. (zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply