» » Wisata Sunrise Punthuk Setumbu Semakin Diminati Wisatawan

BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2) membawa berkah bagi wisata pedesaan di sekitar Candi Borobudur, Kabupaten Magelang. Setidaknya, sejak AADC 2 tayang di Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam, jumlah wisatawan di Puntuk Setumbu Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur melonjak drastis. Pasalnya selain sebagai tempat pembuatan film AADC 2 Punthuk Setumbu terkenal sebagai wisata sunrise, dengan pemandangan Candi Borobudur, dan Gunung Merapi.

Berdasarkan data pengelola Punthuk Setumbu  mulai bulan Januari jumlah wisatawan mancanegara rata-rata mencapai 1.250 orang perbulan dan wisatawan nusantara 1.700 hingga 2000 orang per bulan.

"Sebelum di buat shooting film,  masyarakat sudah mengapresiasi keindahan Punthuk Setumbu sehingga banyak wisatawan tertarik berkunjung," kata pengelola Punthuk Setumbu Nur Zazit Kamis, (1/9).

Menurutnya jumlah kunjungan wisatawan melonjak drastis setelah film AADC 2 tayang. Bahkan pada  bulan Mei 2016 lau jumlah kunungan wisatawan mecapai 2.050 wisman dan 6.250 wisnus. Jumlah ini adalah wisatawan yang berkunjung pada dini hari sampai pagi jam 08.00 WIB.

"Pada siang dan sore hari lebih banyak wisatawan yang tidak kami catat karena sebagian besar adalah warga  Borobudur, dan Magelang," kata  Zazit.

Dari puncak Punthuk Setumbu ini wisatawan bisa melihat Candi Borobudur, Gunung Merapi dan Gunung Merbabu berada dalam satu frame sehingga jika dipotret akan terlihat sangat indah. Pengunjung disarankan mulai naik sekitar pukul 04.00 pagi sehingga bisa menikmati sunrise yang indah.

Selanjutnya dari  Punthuk Setumbu, pengunjung dapat berjalan kaki menuju Gereja Ayam di Bukit Rhema Dusun Gombong, Desa Kembanglimus. Bangunan ini dibuat oleh seorang pastur setelah ia mendapat ilham untuk mendirikan tempat berdoa bagi semua umat manusia dari berbagai agama. 

Bangunan gereja ini disebut Gereja Ayam karena dari atas bentuk bangunan mirip kepala ayam. Dari 'kepala ayam' ini wisatawan bisa menikmati keindahan alam Kabupaten Magelang yang sudah kesohor.

“Semakin banyak pengunjung yang datang, akan menambah inspirasi masyarakat untuk meningkatkan kualitas layanan dan fasilitas,” pungkas Zazit. (zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply