Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Badan SAR Nasional Latih 80 Relawan Magelang

SRUMBUNG, KABARMAGELANG.com__Badan SAR Nasional (Basarnas) Balai Diklat Kantor Pusat bekerjasama dengan Basarnas Kantor SAR Semarang, berikan  pelatihan SAR Community Jungle Rescue (gunung hutan) kepada 80 relawan Kabupaten Magelang, di Kecamatan Srumbung,  Kamis (13/10). Pelatihan selama lima hari tersebut dibuka langsung oleh Bupati Magelang, Zaenal Arifin SIP.

Zaenal Arifin menyampaikan bahwa di wilayah Kabupaten Magelang menjadi salah satu tujuan tempat bagi para pendaki gunung. Seperti Gunung Merapi, Merbabu, Andong, Sumbing dan pegunungan Menoreh. Kondisi ini mengakibatkan wilayah ini berpotensi terancam bencana longsor, banjir dan gunung meletus. Di sisi lain ada juga orang tersesat, jatuh saat mendaki, yang datanya setiap tahun terus bertambah dan berpotensi sewaktu-waktu bisa terjadi insiden pendakian.

“Sebagai relawan dan potensi SAR dari Basarnas dituntut, agar terus meningkatkan kesiapsiagaan kemampuan pencarian dan pertolongan baik di gunung hutan ataupun di bencana lainnya,” tegasnya.

Direktur Bina Ketenagakerjaan dan Permasyarakatan SAR, Agus Sukarno menyebutkan, dipilihnya materi soal Community Jungle Rescue (gunung hutan), karena disesuaikan kondisi daerah. Dan Magelang, sangat cocok dengan materi ini. Pelatihan sendiri berlangsung selama lima hari dimulai dari tanggal 12 kemarin hingga 16 oktober besok.

“Pelatihan meliputi materi kelas dan aplikasi lapangan antara lain pertolongan pertama pada korban, membaca peta, kompas dan survival di gunung. Adapun materi kelas dilaksanakan di gedung upt pgri srumbung sementara aplikasi lapangan di jurang jero,” jelasnya.

Sementara Kepala Basarnas Jateng, Agus Haryono, berpesan, agar peserta diklat untuk selalu mengikuti arahan dari instruktur,jaga selalu kekompakan, kesehatan dan selalu utamakan keselamatan.


“Hindari hal-hal yang bisa membahayakan tim ataupun individu,” tandasnya.(zis)

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply