» »Unlabelled » Menteri BUMN : 1 Miliar Untuk Satu Balkondes

BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Menteri BUMN Republik Indonesia Rini M Soemarno menyatakan akan bangun 100 Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di destinasi wisata di seluruh Indonesia yang ditargetkan selesai akhir tahun 2017. Selain Balkondes akan di bangun juga homestay sebagai pendamping balkondes. Hal tersebut disampaikan Rini Sumarno di balkondes Desa Borobudur, saat akan melakukan peletakan batu pertama tahap ke 2 pembangunan lima Balkondes di Desa Tuksongo            Sabtu (  19/11) siang.

Peletakan batu pertama lima balkondes tersebut merupakan lanjutan pembangunan enam alkondes tahap pertama yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Balkondes akan di bangun di 20 desa se kecamatan Borobudur,  melalui dana bantuan dari beberapa BUMN yang ada.

“Masing-masing balkondes kurang lebih menelan biaya 1 miliar. Sedangkan untuk pembangunan homestay di Borobudur rencana ada 60 homestay yang akan kita bangun bersama, dengan jumlah kamar mencapai 400 kamar,” jelasnya.

Didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Rini menegaskan tujuan di bangunya balkondes adalah untuk mendorong perekonomian di desa sekitar kawasan wisata Candi Borobudur. Pasalnya dia menilai bahwa Borobudur memiliki potensi yang sangat besar untuk pengembangan wisata.

“Di sini masyarakatnya sangat mendukung, dan terbuka. Selain itu juga mereka mau menerima pendatang atau pengunjung dengan baik. Di sisi lain daerah Borobudur masih sangat menarik, banyak tempat-tempat yang bisa dekembangkan dan disukai wisatawan terutama manca negara, tentang kearifan lokal, budaya, dan kerajinannya,” ujar Rini.

Dia berharap agar semua BUMN yang ada bisa bekerja sama dan membantu dalam mengembangkan destinasi wisata yang ada. Baik berupa bantuan dana maupun dalam bentuk pendampingan. 

“Kita akan bangun balkondes-balkondes di semua destinasi wisata yang ada di Indonesia, seperti Bali, Pelabuhan Bajo, Danau Toba dll,” tegas Menteri BUMN.


Diketahui pembangunan Balkondes merupakan inisaiasi dari PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boqo (TWC) sebagai pengembangan kawasan wisata melalui program sinergi “BUMN Hadir Untuk Negeri” di kawasan Borbudur. (zis)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply