» » Sedekah Sungai Blongkeng Tebar 80 Ribu Benih Ikan

NGLUWAR, KABARMAGELANG.com__Ratusan warga Desa Blongkeng, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang mengirab 80 ribu ekor ikan berbagai jenis Minggu (27/11). Kirab ini merupakan bagian kegiatan Sedekah Sungai 2016, yang dimulai dari halaman Balai Desa Blongkeng menuju jembatan Kali Blongkeng.

Di bagian depan kelompok drumband dari beberapa anak SLTP, mengiringi tokoh ritual Agus Merapi.  Disusul barisan kelompok kesenian dan petani dari berbagai dusun se Desa Blongkeng. Sesamapi di Jembatan Kali Blongkeng  peserta kirab selanjutnya menuruni tebing sungai menuju ke Kedung Wiro di alur Kali Blongkeng sambil membawa satu kantung ikan.  Bersamaan dengan ritual dari Agus Merapi  80  ribu ikan di tebar ke sungai secara ber sama-sama.

Ketua Panitia Sedekah Sungai 2016 MH Habib Shaleh menjelaskan pihaknya menebarkan 80  ribu ekor ikan terdiri dari ikan mas, lele, tawes, graskap, nila dan lainnya. Ikan-ikan tersebut ditebar di dua lokasi, yakni di Kali Blongkeng dan tempuran Kali Putih.

“Semua ikan adalah hasil sedekah dari warga yang di wujudkan dalam bentuk benih ikan, selain ada beberapa ribu bantuan dari Balai Benih Ikan (BBI) Jawa Tengah,” jelasnya.

Habib juga  mengajak masyarakat meninggalkan cara tangkap ikan yang tidak ramah lingkungan seperti setrum dan racun, dan tidak membuang sampah sembarangan di sungai.
"Jika ikan sudah berkembang biak silahkan dipancing untuk lauk keluarga," kata Habib.

Sementara Agus Merapi menjelaskan ritual sedekah sungai tujuanya selain melestarikan budaya jawa juga berdoa agar sungai selalu di berikan keberkahan yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Jika ekosistem sungai pulih maka masyarakatlah yang akan menerima manfaatnya,” ujar Agus. (zis)









About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply