» » Coca Cola Tabung 1 Miliar Liter Air Di Lereng Sumbing

KALIANGKRIK, KABARMAGELANG.com__Sejak tahun 2012 Coca Cola Foundation Indonesia  bekerjasama dengan dengan Serikat Paguyuban Qaryah Thayyibah (SPPQT) berhasil membangun 800 lumbung air (sumur serapan) di Lereng Gunung Sumbing dan Merbabu, tepatnya di Kecamatan Kaliangkrik, dan Ngablak Kabupaten Magelang. Keberhasilan ini sebagai upaya mempertahankan keberlangsungan lingkungan dan ketersediaan air bersih.

“Melalui 800 lumbung air ini, kami berupaya mengembalikan 392 juta liter air ke tanah setiap tahunnya. Sehingga kalau dihitung keberhasilan ini juga telah menginvestasikan lebih dari Rp 3,1 Miliar untuk program ini. Tahun ini. Dengan demikian  kami telah berhasil mengembalikan lebih dari 1 miliar liter air bersih ke tanah sebagai tabungan sumber air lebih dari 15 ribu keluarga serta mengembalikan 164 persen air yang terpakai dalam proses produksi,” kata Ketua Pelaksana Coca Cola Foundation Indonesia, Titie Sadarini, saat meresmikan 800 lumbung air di Desa Selomoyo, Kaliangkrik, Kamis (8/12).

Titie menyebutkan, konservasi air merupakan salah satu komitmen Coca Cola pada peningkatan terhadap sumber air, akses bersih dan sanitasi.

“Sejak tahun 2012 hingga 2016, kami telah membangun lebih dari 4 ribu lumbung air diberbagai wilayah.  Program ini bukan  saja memperoleh sumber air, namun juga berdampak pada peningkatan pasokan air, melindungi dari kekurangan air, perekonomian hingga kesehatan serta meminimalkan terjadinya banjir,” jelas Titie.

Pihaknya berharap program ini akan bisa mnjadi virus dan terus berkembang sehingga banjir tidak akan terjadi untuk beberapa tahun ke depan.

“Setidaknya saat ini  3 ribu keluarga disini di Magelang ini turut memperoleh manfaat untuk kelangsungan hidup terutama tercukupinya kebutuhan air,” ujarnya. 

Sementara dari Kementrian PDT Dr Hannibal Hamdi,  mengapresiasi apa yang telah dilakukan Coca Cola Foundation tersebut.

“Ini program yang baik dan harus didukung. Karena air tidak lagi barang sosial tapi justru mempunyai nilai ekonomi. Bahkan lebih mahal dibanding harga BBM. Karena itu, air harus dikelola dengan baik agar tidak menimbulkan bencana seperti banjir, tanah longsor dan lainnya. Pengelolaan air bisa dilakukan dengan kerjasama dengan pemerintah, masyarakat dan swasta, agar bisa memberikan manfaat untuk semua pihak terutama untuk kehidupan,” Tandasnya.(zis)



About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply