» » Peringati Maulud Nabi Puluhan Anak Ikuti Sunatan Masal

BANDONGAN, KABARMAGELANG.com__Dalam rangka peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW puluhan anak ikuti sunatan masal di Masjid Jami Desa Trasan, Kecamatan Bandongan, Senin (12/12). Selain sunatan masal peringatan tersebut juga di selenggarakan rangkaian kegiatan seperti kirap budaya, lomba sholawatan, dan pengajian.

Ketua panitia Muhammad Taufik, mengatakan peringatan Maulud Nabi sudah menjadi tradisi turun temurun yang di selenggarakan secara swadya masyarakat.

“Dari tahun ke tahun peringatan Maulud Nabi semakin meriah. Tahun depan kita berahrap bisa di selenggarakan lebih meriah lagi,” ujarnya.

Dia menyebutkan peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW di Desa Trasan ini pelaksanaanya bisa dibilang seperti hari raya lebaran yang di ikuti oleh seluruh warga yang terdiri dari 11 Dusun. Disamping sunatan masal yang diikuti 34 anak juga diadakan prosesi kirap dimulai dari perempatan Desa Trasan menuju ke Masjid Jami yang jaraknya kurang lebih 0,5 kilometer.
           
“Sesampainya di Masjid Jami 34 anak langsung mengikuti sunatan masal yang dilanjutkan dengan mengumandangkan syair dan shalwat nabi, dan pengajian akbar, “ jelas Taufik.
           
Kepala Desa Trasan Bagawad Gita menandaskan tradisi maulud nabi yang dikemas dengan budaya serta aksi sosial itu sudah berlangsung sejak turun temurun.

“Adanya sunatan masal ini bertujuan meringankan warga yang kurang mampu baik untuk warga Desa Trasan maupun luar warga luar desa, dengan memberikan sunatan masal gratis,” katanya.
           
Dia mengatakan kegiatan ini, juga diwacanakan sebagai wisata religi ditahun berikutnya. Di sini  terdapat makam sejumlah tokoh perjuangan yang sering diziarahi masyarakat umum,” tandas Bagawad.(zis)

           

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply