» » Kopbata Kabupaten Magelang : Pemkot Rebut Trunan dan Tidar Baru

MERTOYUDAN, KABARMAGELANG.com__Batas wilayah antara Kabupaten Magelang dengan Kota Magelang kembali yang menjadi bahan pembicaraan banyak kalangan membuat Koordinator Komando Penyelesaian Batas Kota (Kopbata) kabupaten Magelang, Musanto angkat bicara. Dia menilai Wali Kota Magelang telah menghembuskan isu liar dengan mengeklaim 13 Desa di wilayah Kabupaten Magelang akan menjadi milik Kota Magelang.

Musanto bahkan berani menilai  Pemkot Magelang   sudah merebut kampung Tidar Baru dan Trunan dari Kabupaten Magelang. Pasalnya, berdasarkan bukti-bukti yang ada kedua wilayah tersebut masuk wilayah Desa Banyurojo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang.

“Saya memiliki bukti-bukti otentik seperti peta wilayah tahun 1976, KTP lama warga dan buku C desa. Sebagian warga Tidar baru bahkan masih mengurus persoalan administrasi ke Pemdes Banyurojo. Artinya Tidar Baru dan Trunan sebenarnya masuk wilayah kabupaten yang direbut Kota Magelang," ujarnya Kamis (23/2).

Kobapda juga  mempertanyakan isu yang dilontarkan Walikota Sigit Widyonindito bahwa 13 desa di Kabupaten Magelang sebentar lagi akan pindah ke Kota Magelang melalui keputusan Kemendagri.
Sementara pemdes dan warga Banyurojo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang tidak pernah dilibatkan mengenai klaim Wali Kota. 

"Jika walikota ingin memperluas wilayah maka mereka harus menyelesaikan batas wilayah dulu. Kami minta persoalan batas wilayah ini diselesaikan dulu," ujar Musanto, yang juga Kadus Seneng 1, Desa Banyurojo.

Ditambahkan oleh salah satu tokoh Desa Banyurojo Hadi Nooryanto yang menyatakan bahwa proses perebutan wilayah telah dilakukan secara sistematis. Berawal saat Pemkot memberikan KTP baru kepada warga Tidar Baru dan Trunan.

Namun mereka lupa persoalan tanah tidak diselesaikan sehingga menimbulkan masalah baru. Hal tersebut terbukti pada  tahun 1982 warga Tidar Baru dan Trunan masih mengikut pemilu di Banyurojo. Pada saa itu  kampung Tidar Baru sebenarnya bernama kampung Krincing. Nama Tidar Baru digunakan ketika diklaim sebagai wilayah Pemkot Magelang. (zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply