» » Menyambut Hari Raya Nyepi Umat Hindu di Magelang Gelar Pawai Ogoh-Ogoh

MERTOYUDAN, KABARMAGELANG.com__Menyambut perayaan hari Raya Nyepi ratusan umat Hindu di Magelang yang terdiri dari 46 kelompok gelar pawai ogoh-ogoh Senin (27/3) petang. Pawai ogoh-ogoh yang baru pertama kalinya diadakan tersebut umat Hindu mengarak dua ogoh-ogoh besar dari depan Artos Mall untuk dibawa ke Pura Wira Buana Magelang.

Tokoh Parisade Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Magelang, I Gede Suarti, menyatakan bahwa pawai ogoh-ogoh ini merupakan rangkaian untuk menyambut hari raya nyepi. Melalui pawai ini, umat Hindu di Magelang ingin menyampaikan pesan agar umat beragama di seluruh daerah bisa tetap menjaga kerukunan dan keharmonisan.

“Pawai ogoh-ogoh ini bisa dibilang yang pertama kalinya digelar di Magelang dan kemungkinan besar akan menjadi agenda tahunan," terangnya.

Sebanyak dua ogoh-ogoh diarak di depan Artos Mall untuk kemudian dibawa ke Pura Wira Buana Magelang. Ogoh-ogoh tersebut bernama Kalika Maya yang berarti penjaga makam.

“Hal ini melambangkan bahwa ketika hidup manusia berakhir di dunia akan bertemu dengan Kalika Maya nantinya," ungkap I Gede Suarti.

Tidak hanya ogoh-ogoh, dalam pawai tersebut juga dilangsungkan tari Rejang, yang merupakan tarian sakral dalam pawai ogoh-ogoh.

Vina (24), pengunjung asal Muntilan mengaku senang bisa menyaksikan  acara seperti  ini di Magelang.

"Kebetulan saya sedang berkunjung ke Artos Mall dan melihat ada pawai ogoh-ogoh. rasanya senang bisa menyaksikan pawai ini karena suasana Bali sangat terasa,” aku Vina.

Sementara marketing manager Artos Mall, Saparina Tri Hapsari berharap kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin. Selain sebagai kegiatan keagamaan, juga wujud kerukunan antarumat beragama di Sleman. Terbukti antusiasme peserta pawai maupun masyarakat sangat tinggi.(zis)
.

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply