» » Pedagang Dan Pembeli Keluhkan Air Selalu Genangi Pasar Borobudur

BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Sejumlah pedagang di pasar Borobudur mengeluh adanya  luapan air dari saluran irigasi yang sering menggenangi sekitar pasar hingga kedalaman 40 cm. Bahkan luapan air tersebut melalui tempat penampungan sampah pasar sehingga bau dan sampah kembali ke sekitar pedagang. Akibatnya pedagang sering mengalami kerugian karena banyak pembeli enggan datang. Mereka berharap kepada dinas pasar segera mengatasi luapan air ini agar tidak masuk ke pasar.

Salah satu pedagang buah Zulikah mengatakan, bahwa luapan air berasal dari saluran air yang berada di utara pasar dan sering terjadi akibatnya selalu menggenagi sekitar pasar, dan tempat parkir.

“Genangan air sangat kotor dan bau, karena luapan air melewati tempat menampungan sampah sehingga banyak sampah berserakan ke mana-mana,“ katanya Rabu (29/3).

Dia mengaku jika air meluap ke pasar, selalu mengalami kerugian karena banyak pembeli yang enggan masuk dan memilih belanja di minimarket atau swalayan.

“Jika air meluap pasti pembeli sepi. Mereka tidak jadi masuk dan belanja di toko atau swalayan,” ujar Zulikah.

Dia berharap pemerintah melalui dinas pasar segera bisa mengatasi agar luapan air tidak masuk ke sekitar pasar sehingga para pedagang tidak selalu mengalami kerugian.

“Para pembeli juga tidak beralih ke minimarket atau swalayan,” harapnya.

Pasar Borobudur merupakan pintu masuk ke kawasan Taman Wisata Candi Borobudur yang setiap hari selalu di lewati wisatawan baik lokal maupun manca negara. Sebelum ada luapan air di pasar, hampir setiap hari ada turis yang sengaja datang,  sekedar melihat atau bahkan belanja di pasar tersebut.

“Seharusnya pemerintah tanggap dan segera mengatasi masalah air yang sering masuk kawasan pasar. Dulu banyak turis berhenti dan melihat dan belanja di pasar. Sejak sering terjadi luapan air sudah tidak ada turis yang mau masuk pasar,” kata Fajar salah satu pembeli yang mengurungkan niatnya belanja di pasar. (zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply