» » Peringati Hari Bumi Ratusan Pelajar Dan Mahasiwa Hijaukan Merapi

SRUMBUNG, KABARMAGELANG.com__Ratusan pelajar, dan mahasiswa serta beberapa komunitas relawan melakukan penghijaun di lereng Merapi area jurang jero Kecamatan Srumbung Sabtu (22/4). Dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Magelang ikut bergabung dengan memberikan ratusan benih ikan untuk di tabur bersama.

Koordinator kegiatan yang juga Direktur Yayasan Tirta Dharma Kabupaten Magelang, Awaluddin Setya Aji menyebutkan kegiatan ini dalam rangka memperingati hari bumi yang jatuh pada tanggal 22 April. Sedangkan peserta dari Pramuka Kota Magelang, Mahasiswa Fakultas Geografi Universitas Gajah Mada, Mahasiswa 
dan Dosen Yayasan Pendidikan Tirta Dharma Magelang.

“Ditambah dari beberapa komunitas dan relawan yakni Forum Merapi Merbabu Hijau (FMMH) Magelang, dan Komunitas Kremun Merapi,” jelasnya.

Dia mengatakan ada beberapa kegiatan yang dilakukan di kawasan jurang jero lereng merapi ini diantaranya penanaman pohon, pelepasan burung serta menabur benih ikan.

“Tujanya untuk ikut melestarikan alam khususnya di lereng Merapi. Harapanya  dengan kegiatan ini bumi di kawasan ini kembali hijau sehingga sumber air akan terus terjaga untuk kebutuhan masyarakat dan sebagai perlindungan alam. Dan aksi ini harus berkelanjutan yang di dukung oleh semua eleman dan masyarakat sekitar,” ujar Aji.

Ketua DPRD Kabupaten Magelang Sariyan Adi Yanto SE, yang pada kesempatan tersebut menyumbang benih ikan menegaskan, pasca erupsi Merapi banyak ekosistem yang punah termasuk ikan-ikan di alur sungai Blongkeng ini.

“Selain itu saya hanya ingin mencoba memaknai  moment hari bumi ini untuk lebih menghormati dan menghargai Bumi di mana kita hidup, termasuk sungai dimana kita bisa memanfaatkan air dan isinya,” katanya.

Sementara Koodinator Forum Merapi Merbabu Hijau (FMMH) Djadmiko sangat mengapresiasi kegiatan yang telah dilakukan oleh beberap pelajar dan mahasiswa serta komunitas relawan termasuk Ketua DPRD Kabupaten Magelang. “Kami berharap kegiatan semacam ini akan diikuti juga oleh masyarakat maupun pelajar atau mahasiswa  yang lain,” tandasnya.(zis)










About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply