» » Sejumlah BUMN Kucurkan Dana CSR Rp.36 Miliar

BOROBUSDUR, KABARMAGELANG.com__Untuk membantu meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mulai tahun 2016 kemarin akan memperbanyak program kemitraan dan Corporate Social Responsibility (CSR) di berbagai daerah di Jawa Tengah.  Pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bersama BUMN ke 22 tahun 2017 ini, dana CSR yang diserahkan mencapai Rp. 36 miliar untuk berbagai kegiatan  di Jawa Tengah.

"Penyerahan ini sengaja kita pilih Borobudur, karena BUMN ada program khusus disini dalam mengembangkan pariwisata. Yakni membina dan membangun balai ekonomi desa (balkondes)," kata Mentri BUMN Rini M soemarno usai menyerahkan bantuan CSR di Taman Lumbini komplek taman wisata Candi Borobudur Sabtu (22/4).

Rini menyebutkan, bahwa  di Borobudur sendiri terdapat 20 desa yang menerima bantuan berupa bangunan balkondes serta homestay. Desa-desa tersebut juga akan menerima bantuan pembinaan agar mampu menarik kunjungan wisatawan.

"Kita sudah mulai dari tahun kemarin, sudah ada beberapa balkondes yang sudah bisa dimanfaatkan termasuk homestaynya. Dari situ kita bisa lihat kira-kira potensi  desa yang bisa diangkat dan menarik wisatawan datang kesana itu apa. Seperti misalnya ada yang mengangkat kerajinan tahu dan madu, pembuatan gerabah dan lainya,” ujar Rini.

Rini berharap  keberadaan balkondes bisa membuat masyarakat sekitar merasakan dan menikmati kebradaan Candi Borobudur serta mendapatkan manfaat dari segi perekonomianya.

"BUMN berkomitmen untuk bersinergi dalam mengentaskan kemiskinan dan mendukung Indonesia menjadi negara digdaya," katanya.

Diketahui sejumlah pimpinan perusahaan dibawah BUMN menyerahkan dana CSR Rp36 miliar khusus untuk Jawa Tengah di Taman Lumbini, Borobudur Sabtu (22/4). Dana tersebut selain diwujudkan dalam bentuk pembangunan balkondes dan homesatay, juga bantuan sosial maupun pembangunan fisik. seperti, renovasi rumah ibadah, peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, bantuan alat kesehatan hingga perbaikan jalan dan drainase dan lain sebagainya.(zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply