» » Peringati Hari Kartini Wartawan Magelang Menambang Pasir

MUNGKID, KABARMAGELANG.com__Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Wartawan di Kabupaten Magelang  mencoba menjadi penambang pasir di Sungai Pabelan, tepatnya dibawah Jembatan Srowol Kecamatan Mungkid, Kamis (20/4). Para juru warta permpuan ini terinspirasi banyaknya penambang pasir di sungai tersebut mayoritas adalah perempuan.

Choriroh Kurniawati, salah satu wartawan perempuan magelang yang ikut menjadi penambang pasir menyampaikan jika pihaknya ingin merasakan perjuangan ‘Kartini’ era sekarang. Dan ternyata, sungguh berat.

“Terus terang saya tidak sanggup. Saya baru lima tenggok saja, sudah menyerah. Ibu-ibu disini luar biasa perjuangannya untuk mencari sesuap nasi,” ungkapnya Kurniawati berlinang air mata.

Salah satu penambang pasri itu adalah Ny Mundariah (45), warga Desa Progowati Kecamatan Mungkid. mengaku menjadi penambang sejak kecil. Ibu tiga anak yang sudah ditinggal suaminya meninggal ini setiap hari turun ke sungai untuk mengais pasir guna memenuhi kebutuhan se hari-hari.

“Kalau mencari pasir, sudah sejak kecil. Saya setiap hari menambang,” katanya terharu, saat beberapa wartawan perempuan ingin ‘menggantikan’ profesinya.

Dia mengaku merasa  beruntung meski sudah tidak bersuami, ketiga anaknya sangat pengertian dengan profesinya tersebut. Bahkan tidak ada yang malu memiliki ibu seorang penambang pasir yang penghasilannya tidak menentu.

“Anak pertama sudah bekerja di yogya. Sedang yang kedua dan ketiga, masih bersekolah di bangku SMA. Untuk biaya hidup saya harus pontang panting mencarinya. Terkadang terpaksa tutup lubang gali lubang,” aku Mundariah.

Dalam kesempatan tersebut, wartawan juga  menyampaikan bantuan untuk mengapresiasi perjuangannya. Bantuan berupa uang tersebut berasal dari Universitas Muhammadiyah Magelang dan PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur dan solidaritas Wartawan Magelang.(zis) 


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply