» » Air Suci Waisak Tiba Dan Disemayamkan Di Candi Mendut

MUNGKID, KABARMAGELANG.com__Menjelang peringatan Tri Suci Waisak 2561 BE/2017, air suci dan api dharma telah disemayamkan di Candi Mendut, Kecamatan Mungkid, Magelang, Senin (8/5). Sementara Puncak prosesi  detik-detik Waisak tahun ini jatuh hari Kamis tanggal 11 Mei 2017, pukul 04.42.09 WIB, lusa.

Prosesi pengambilan air suci  dilakukan dari  Umbul Jumprit, Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung, Senin pagi. Rencana besok Selasa (9/5)  api dharma diambil dari api abadi di Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah, dan disemayamkan di Candi Mendut, sebelum air dan api dharma di bawa ke Candi Borobudur.

Sebelum di semayamkan di Candi Mendut, dilakukan puja bakti pensakralan air berkah,  oleh sejumlah sangha dan majelis dari Sangha Teravada, Mahayana, Tantrayana, Madhatantri, Mahanikaya, Majelis Tridharma, Kasogatan, dan Majelis Mapanbumi.

Biksu Tadisha Paramitah Mahastah Wirah dari Dewan Sangha Walubi menjelaskan sedikitnya 12 ribu botol disediakan air berkah oleh umat Budha di Indonesia.

"Air melambangkan kesejukan,  kesuburuan, energi positif, sifat sederhana dan rendah hati sehingga umat Budha senantiasa menjaga sikap rendah hati dalam kehidupannya," jelasnya.

Ketua umum Walubi Siti Hartati Murdaya berharap,dan  memohon berkah keselamatan untuk umat Budha khususnya,  dan masyarakat Indonesia pada umumnya agar selalu terhindar dari mara bahaya dan petaka buruk.

"Dengan perayaan waisak tahun ini semoga kita semua selalu mendapatkan kebahagian, untuk seluruh makhluk hidup di muka bumi. Terhindar dari kejahatan, serta terhindar dari hawa nafsu yang berakibat pada kesengsaraan," ujarnya.(zis)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply