Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Trek Suit Mas Inovasi Sop Senerek Karya Mahasiswa UMM

TEGALREJO, KABARMAGELANG.com__Sebagaian masyarakat pasti kenal dengan kuliner asal Magelang yakni Sop Senerek. Namun tidak semua orang juga suka dengan sop yang berbahan baku kacang senerek ini. Kini ada senerek yang tidak berupa sop, tetapi berupa "Trek Suit Mas" karya kreatif dari lima mahasiswa Universitas Muhammadyah Magelang (UMM). Bahkan inovasi ini lolos seleksi untuk didanai Kementerian Riset dan Teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Tahun 2017.

Kelima mahasiswa yang menggagas ide kreatif tersebut adalah Hasna Rafida (PGSD FKIP), Didik Irawan (PGSD FKIP), Fatkhussarifin (PGSD FKIP), Ellyana Bhekti Saputri (PGSD FKIP ) dan Nurul Ngaini (Prodi Manajemen FE).  Kelompok ini berhasil lolos pada program kreativitas di bidang pengabdian masyarakat (PKM-M) dengan bentuk pengabdian berupa pelatihan pembuatan tepung senerek yang dapat diolah menjadi berbagai macam olahan yaitu susu, mie basah dan biskuit.

ketua tim Hasna Rafida,  menceritakan  sop Senerek adalah masakan khas  Magelang peninggalan masa penjajahan Kolonial Belanda. Senerek berasal dari kata Senert  yang berarti kacang polong. Tetapi orang Magelang menyebutnya “senerek” dan  mengganti kacang polong menjadi kacang merah.

"Tampilannya seperti sop iga atau sop buntut pada umumnya, tetapi yang membedakannya adalah kacang merah sebagai inti dan penggunaan kaldu kacang yang membuat sop ini berbeda dari sop lainnya," jelasnya saat Pelatihan Pembuatan “Trek Suit Mas” (Tepung Senerek untuk Susu, Biskuit dan Mi Basah) guna Meningkatkan Nilai Jual Senerek di Desa Mangunrejo Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang, baru baru ini.

Dalam sop senerek juga  terdapat daging sapi potong, kentang, bayam, wortel, daun bawang dan daun seledri sebagai pelengkapnya. Kandungan gizi dari sop senerek sendiri sangat banyak. Mulai dari asam amino yang bagus untuk perbaikan gizi, disamping juga rendah  lemak dan bebas kolestrol.

"Selain itu juga baik untuk kesehatan jantung, kesehatan pencernaan, pertumbuhan dan perkembangan  anak," ujar Hasna.

Namun sayang masyarakat terutama anak-anak banyak yang tidak suka dengan senerek ini. Dari hal tersebut muncullah  ide untuk membuat olahan senerek dalam bentuk yang disukai semua kalangan termasuk anak-anak, yakni dalam bentuk tepung senerek yang diolah dalam bentuk susu, biskuit, dan mi basah (trek suit mas).

"Tidak ada bahan yang berbahaya yang ditambahkan dalam olahan  Trek Suit Mas  ini," tegasnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan  akan meningkatkan nilai jual senerek  sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya petani senerek dan ibu rumah tangga, dan juga meningkatkan gizi anak-anak di Desa Mangunrejo. (Kb.M1)

About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply