» » Pengrajin Gerabah Desa Karanganyar Mendapat Pelatihan Penjualan Online

BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Menteri BUMN Rini Soemarno meresmikan pembangunan Balai Ekonomi Desa (Balokondes) Desa Karanganyar,  Kecamatan Borobudur, Magelang Minggu (20/8) pagi. Selain meresmikan balkondes yang dibangun PT. Bank Tabungan Negara (BTN) tersebut Rini yang didampingi Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Maryono, Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (PT TWCBPRB) Edy Setijono pada kesempatan ini juga melounching pelatihan akun e-dagang atau e-commerce bagi masyarakat pengrajin gerabah yang ada di desa setempat, serta peluncuran program Quick Respon Code (QR Payment) di Balkondes ini.

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Maryono, mengatakan para pengrajin diberi pelatihan untuk memanfaatkan teknologi informasi guna mendukung pemasaran produk mereka ke seluruh Indonesia, bahkan seluruh dunia. Tujuanya agar menciptakan nilai tambah terhadap hasil kerajinanya dengan cara mengisi gerai online dengan foto produk yang layak jual, kemasan menarik, pada situs penjualan online atau e-commerce.

“Balkondes BTN di Karanganyar menjadi ruang bagi para pengrajin untuk tidak sekadar unjuk gigi, tapi juga mendapat edukasi untuk berkembang di era ekonomi digital ini,” katanya.

Diharapkan dengan adanya pelatihan akun e-dagang atau e-commerce kedepan akan mendorong pengrajin lebih aktif berjualan melalui online.

"Saat ini kontribusi transaksi e-commerce UMKM masih rendah, dengan adanya pelatihan semacam ini nantinya pemasaran akan lebih meningkat,” ujar Maryono.

Salah satu pengrajin gerabah Desa Karanganyar Supoyo mengaku optimis, dengan adanya pemasaran via onlin hasil kerajinanya akan semakin dikenal, baik dalam negeri maupun luar negeri.

"Ini sangat membantu sekali dalam pemasaran. Hanya kita masih lebih banyak belajar terutama pada pengepakan karena gerabah merupakan kerajinan yang mudah pecah," katanya.

Pada kesempatan ini Menteri BUMN juga sempat membuat kerajinan gerabah dari bahan tanah liat. Disisi lain juga ingin melihat perkembangan Balkondes-Balkondes yang ada di wilayah Kecamatan Borobudur.(Kb.M1)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply