» » 1000 Relawan Akan Tanam Bibit Di Perbukitan Menoreh

MUNGKID, KABARMAGELANG.com__Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang akan melaksanakan aksi penanaman bibit di perbukitan Menoreh. Aksi yang akan melibatkan 1000 relawan tersebut dalam rangka Bulan Pengurangan Resiko Bencana, dan merupakan program dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Penanaman bibit pohon akan kita rencanakan pada  11 November 2017 mendatang,  dengan melibatkan 1000 relawan. Sasarannya adalah Kawasan Menoreh yang merupakan penggunungan sebagai sumber penampung turunnya air hujan,” kata Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Magelang, Ir Gunawan Iman S, Selasa (3/10) .

Dia menyebutkan, Bulan Pengurangan Resiko Bencana tersebut akan dikemas dalam kegiatan Sekolah Gunung, karena Magelang mempunyai potensi alam pegunungan yang harus tetap dijaga ekosistem alamnya.

“Namun demikian program kegiatan tentu  disesuaikan dengan potensi alam setiap daerah, bagi yang mempunyai sungai maka dibentuk Sekolah Sungai. Untuk di Magelang diawali dengan Sekolah Gunung, yang menjadi sumber air untuk sungai menuju ke laut,” ujar Gunawan.

Gunawan menambahkan, program tersebut saling berintegrasi dan berhubungan, dimana tujuan sebenarnya adalah untuk menjaga kelestarian atau konservasi daerah aliran sungai (DAS).

"Sehingga daerah aliran sungai dapat terjaga kelestariannya, air sungai tetap bersih dapat dimanfaatkan untuk keperluan masyarakat, termasuk kondisi alam yang tetap terjaga,” jelasnya.(Kb.M1)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply