» » Ribuan Buruh Slenggrong Pasir Lakukan Penghijauan Di Lereng Merapi

SRUMBUNG, KABARMAGELANG.com__ Ribuan orang yang terdiri dari buruh lsenggrong pasir Merapi Merapi Tans Community, CV Sina Cahaya Abadi, Jamaah Bandoso Srumbung, dan Masyarakat Desa Kemiren dan Kaliurang Magelang, melakukan penghijauan di area penambangan. Diprakarasi oleh Cv Intan Sakti Raya,  mereka menanam 10.000 bibit berbagai jenis di sepanjang jalan ke Lokasi Tambang Kali Bebeng dan Hutan Rakyat kawasan Mori Srumbung Sabtu (11/11).
Direktur CV. Intan Sakti Raya Herwan Santoso, mengatakan tujuan penghijauan agar ekosistem di kawasan lereng Merapi tetap terjada dengan baik.
"Kita akui saat ini para penambang terutama manual masih dipandang sebelah mata. Dan ini merupakan bentuk kepedulian kita, bersama masyarakat sekitar tetap memperhatikan lingkungan agar tetap terjaga," katanya di sela-sela kegiatanya.
Dia menyebutkan ada 10.000 dari beberapa jenis bibit diantaranya afrika, duren, sengon, apokat, sirsat, randu, trembesi, salam dan lainya.
"Kita tanam di area sepanjang 2,5 kilometer terutama di kanan kiri jalan," jelas pria yang kerap disapa Wawan ini.
Diharapkan dengan penghijauan ini selain untuk menjaga ekosistem, juga untuk kesuburan lereng Merapi. "Disisi lain bisa menambah resapan air, karena stok air bersih di area sini semakin berkurang,' ujarnya.
Selain penghijauan, mereka juga  membawa papan himbauan yang bertuliskan dilarang untuk menambang atau menggali di area hutan, dilarang mengambil kayu di Hutan rakyat maupun TNGM dan sebagainya untuk dipasang di beberapa titik.

"Ini kegiatan pertama yang kita lakukan,  dan akan menjadi agenda rutin tahunan,” tegas Wawan. (Kb.M1)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply