» » Menku Sri Mulyani Tegaskan Proyek Dana Desa Harus Transparan

MUNGKID, KABARMAGELANG.com__Mentri Keuangan Sri Mulyani tegaskan dana desa yang digulirkan pemerintah sepenuhnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Setidaknya 30 persen dana yang digulirkan, digunakan untuk mempekerjakan masyarakat yang belum memiliki pekerjaan. Hal itu disampaikan Sri Mulyani usai acara diseminasi  dana desa yang diikuti oleh kepala desa se Kabupaten Magelang, di GOR Gemilang, Kecamatan Mungkid, magelang, Sabtu (16/12).

Sri Mulyani berharap, mulai tahun 2018 mendatang,  setiap pembangunan yang dilaksanakan tidak lagi menggunakan kontraktor dari luar desa.

“Setiap pembangunan di desa bertujuan untuk pengentasan kemiskinan, semuanya dilaksanakan oleh masyarakat setempat, agar masyarakat di desa mendapatkan pekerjaan untuk meningkatkan kesejahteraannya,” katanya.

Dia juga menegaskan agar setiap proyek dilaksanakan secara transparan. Masyarakat harus tahu berapa nilai proyek yang sedang di kerjakan,  misal membuat saluran air, embung ataupun fasilitas lainnya.

“Namun demikian dalam pelaksanaanya tetap ada pendampingan.  Pendampingan ini harus di perbanyak karena mereka yang bisa mengidentifikasi untuk melatih yang seperti apa,” jelas Sri Mulyani.

Saat ini, pihaknya bersama dengan   Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, sedang mengajak kepada perusahaan perusahaan besar untuk ikut serta dalam membangun desa-desa yang masih tertinggal.

Mentri desa pembangunan desa pembangunan daerah tertinggal , Eko Putro sanjoyo menandaskan, dana desa yang digulirkan di tahun 2018 sebesar Rp 60 triliun, yang digulirkan di 74. 954 desa seluruh Indonesia.

“Pertimbangan larangan penggunakan kontrktor dari luar desa dalam setiap proyek, agar dana desa bisa dinikmati warga desa,” tandasnya. (Kb.M1)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply