» » Soreng Bawaslu Meriahkan Launching Pendopo Pengawasan

MUNGKID, KABARMAGELANG.COM,__Panitia Pengawas Pemilihan kabupaten (Panwaskab) Magelang launching pendopo pengawasan di pendopo Panwaskab Magelang, Kamis (21/11). Pendopo Pengawasan ini akan dijadikan tonggak filosofis dan ideologis Panwaskab dalam mewujudkan semangat dan tekad untuk mengabdikan diri bagi demokrasi dan pemilu di Kabupaten Magelang. Selain itu pendopo pengawasan ini diharapkan bisa dijadikan wahana diskusi pengawasan partisipatif dari berbagai elemen masyarakat.

Yang menarik dalam kegiatan ini yaitu tampilnya kesenian soreng Bawaslu yang di mainkan oleh puluhan anggota Panwascam dari berbagai Kecamatan. Soreng sendiri merupakan kesenian tradisional yang berasal dari wilayah diantara dua Gunung yaitu Gunung Merbabu dan Gunung Andong di Kabupaten Magelang.

Dengan mengangkat cerita perihal kegagahan Aryo Penangsang, Patih Ronggo Metahum beserta para prajurit seperti Soreng Rono, Soreng Rungkut, dan Soreng Pati. Tarian ini menjadi perwujudan kebulatan tekad dan semangat pengawas pemilu di Kabupaten Magelang dalam melakukan pengawasan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. 

“Komisoner Panwaskan tidak hanya berpikir bagaimana melakukan kegiatan yang tercantum dalam RAB namun harus melakukan berbagai terobosan dan kegiatan kreatif dalam kaitan pengawasan dan pencegahan pelanggaran pemilu,” ujar Ketua Panwaskab Magelang, Habib Shaleh SS disela-sela kegiatan launching.

Dia menegaskan Pendopo memiliki arti sangat penting, yakni menjadi ruang bersosialisasi dengan keluarga, kerabat, tetangga dan masyarakat. Pendopo bukan sekedar tempat,  melainkan mempunyai makna lebih dalam yakni mengaktualisasi satu bentuk kerukunan antara Panwas dengan masyarakat.

“Pendopo Pengawasan adalah bangunan yang bersifat publik dengan struktur terbuka tanpa dinding pelingkup. Pendopo Pengawasan ini menjadi sarana kami mendekatkan diri kepada masyarakat dan jurnalis dalam rangka menjalankan fungsi pelayanan, menyebarluaskan informasi,” jelasnya.

Lebih jauh Habib menambahkan, ketika banyak orang sibuk dengan tahapan pemilu mereka meninggalkan ruang kosong. Ruang inilah yang kami isi dengan Pendopo Pengawasan. Ini menjadi ruang yang cocok untuk mendorong keterlibatan publik dalam pengawasan pemilu partisipatif mengingat personil panwas terbatas. Panwaskab Magelang menyediakan data terkini tentang kepemiluan beserta perangkat UU Pemilu, Perbawaslu dan PKPU.

“Gagasan kami adalah menjadikan Pendopo Pengawasan sebagai Ruang Diskursus Pemilu dan rumahnya demokrasi. Para pelajar, mahasiswa dan relawan partisipatif bisa datang untuk mencari informasi, berdiskusi maupun sekedar ngopi. Pendopo Pengawasan juga menjadi katalisator sinergi antara panwas dengan masyarakat dalam mengawal pemilu,” pungkas Habib. (Kb.M1)




About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply