» » Unit Kerja Presiden Pembinaan Idiologi Pancasila (UKPPIP) Selengarakan Festival Cheng Ho Di Borobudur

BOROBUDUR, KABARMAGELANG.com__Unit Kerja Presiden Pembinaan Idiologi Pancasial (UKPPIP) bekerja sama dengan Kampoeng Dolanan Nusantara Desa Bumiharjo, Kecamatan Borobudur, Magelang,  menggelar Festival Seni Cheng Ho (15/12) kemarin. Festifal bertajuk "Pancasila  dan Spirit Kerukunan dalam Keberagaman" ini diharapkan masyarakat dengan berbagai ragam tetap dalam bingkai persatuan dan kesatuan.

Salah satu staf UKPPIP yang juga tokoh Pruralisme Sastro Al Ngatawi, mengatakan acara ini diadakan di kawasan Borobudur Magelang, karena Borobudur merupakan salah satu simbol pluralisme walau berbeda beda tetap rukun berdampingan.

”Spirit Borobudur harus kita gunakan terus,  karena disini kita bisa hidup rukun,” ujarnya.

Dia berharap jangan karena Politik dan Media Sosial masyarakat bisa terpecah belah dengan saling memfitnah.

"Melalui budaya dan seni seperti ini kita harus merajut kembali keretakan-keretakan yang ada sehingga bersatu kembali,” jelas Sastro.

Sementara pendiri Kampoeng Dolanan Nusantara Abet Nugroho, menyebutkan Festifal ini diikuti oleh 10 kelompok dari berbagai jenis,  terutama kesenian Cina, dan Jawa.

"Kita ingin agar masyarakat di Magelang mengenal sosok Laksamana Cheng Ho. Dia seorang penjelajah Samudera asal Tiongkok yang beragama muslim pernah singgah di Semarang dengan tujuan diplomasi dagang dan dakwah islam. Dan dalam rombongannya terdapat beragam kepercayaan namun tetap tunduk kepada pimpinan dan tetap rukun,”ungkapnya.

Abet menilai bahwa akhir-akhir ini muncul isu-isu perpecahan dengan alasan perbedaan
RAS.

”Maka melalui sosok Cheng Ho ini,  diharapkan bisa menjadi contoh agar kita semua tetap bersatu meskipun dalam perbedaan,” pungkas Abet.(Kb.M1)




About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply