Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Depo Arsip Pemkot Magelang Segera Difungsikan

KOTA, kabarMagelang.com__Pembangunan gedung depo arsip Kota Magelang selesai dilaksanakan. Rencananya, arsip-arsip milik Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Magelang akan mulai dipindahkan ke depo pekan depan.

"Pembangunan sudah selesai 100 persen. Tanggal 27 Desember 2017 kemarin, proyek pembangunan depo arsip sudah diserahterimakan dari rekanan ke Pemkot Magelang," jelas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Magelang, Triyamto Sutirno, Jumat (19/1).

Triyamto menyebutkan, depo arsip dibangun diatas lahan seluas sekitar 6.600 meter persegi dengan bangunan seluas 2300 meter persegi. Bangunan ini dibuat lantai dua di lahan belakang kompleks Pemkot Magelang.

"Depo arsip ini dibangun dengan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Magelang tahun 2017 senilai Rp6,4 miliar," katanya.

Saat ini, depo tersebut masih dalam masa pemeliharaan hingga enam bulan ke depan.
Nantinya, depo akan dipergunakan untuk menyimpan arsip-arsip maupun dokumen milik seluruh OPD di lingkungan Pemkot Magelang. Baik arsip statis maupun arsip dinamis.

Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito berkesempatan meninjau bangunan tersebut pagi ini bersama dengan sejumlah pejabat terkait. Sigit berpesan, agar pemindahan arsip dan barang-barang bisa segera dilaksanakan.

"Bangunan sudah selesai, segera difungsikan. Jika ada kekurangan nanti bisa disempurnakan sambil jalan," ujar Sigit.

Dia juga berharap, dengan adanya depo arsip yang dikelola dibawah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ini, akan menjamin keamanan arsip-arsip yang ada. Apalagi, selama ini arsip disimpan di masing-masing OPD dengan ruang terbatas, tidak aman, rawan rusak, kebakaran, di kardus dan karton.

"Di depo ini, arsip akan di `back up` dan dikelola dengan baik," terang Sigit.
  
Untuk diketahui, Pemkot Magelang saat ini sedang melakukan proses transisi dari arsip konvensional ke proses digital. Tujuannya, agar arsip bisa bertahan lama dan memudahkan pencarian. Selain itu, juga disiapkan petugas atau tenaga fungsional yang khusus melakukan perawatan arsip dan penjagaan.(Kb.M1)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply