Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » Pemkot Magelang Menaikkan Target Pembayaran Pajak PBB P2

KOTA, kabarMagelang.com_Pemerintah Kota Magelang menaikkan target realisasi pendapatan dari Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) tahun 2018. Yakni dari sebelumnya Rp5,6 miliar di tahun 2017 menjadi RpRp5,7 miliar tahun 2018.

Walikota Magelang, Sigit Widyonindito menyebutkan, pada tahun 2017 kemarin, realisasi PBB P2 diketahui jauh melebihi target yang ditentukan.

"Capaian pendapatan pajak dari PBB P2 tahun kemarin mampu mencapai lebih dari 100 persen. Yaitu sebesar Rp6,436 miliar, dari target seharusnya Rp5,6 miliar," jelas Sigit, di sela apel pagi karyawan Pemerintah Kota Magelang, Rabu (17/1).

Menurut Sigit, capaian tahun 2017 tidak lepas dari kerja keras instansi dan kesadaran para wajib pajak. Sejumlah langkah optimalisasi dilakukan oleh petugas dengan tujuan agar capaian pembayaran pajak bisa maksimal.

Seperti verifikasi dan validasi piutang dan dilanjutkan penagihan, pembayaran PPP P2 termasuk tunggakan pajak sebagai syarat pengajuan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), penilaian kembali objek pajak PBB P2, dan penerapan host to host PBB P2.

"Rencana optimalisasi juga akan dilakukan di tahun 2018. Diantaranya pemutakhiran data PBB P2 secara parsial (1 kecamatan)/kelurahan, rencana pengembangan digitalisasi peta blok PBB P2, dan penilaian kembali objek pajak PBB P2," terangnya.

Adapun untuk target pajak PBB P2 tahun 2018 ini ditetapkan sebesar Rp5,7 miliar dengan potensi pajak sebesar Rp6,514 miliar. Jumlah Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) juga mengalami kenaikan sebanyak 297 objek pajak, dari sebelumnya 36.001 pada tahun 2017 menjadi 36.298 pada 2018.

Sigit meminta warga Kota Magelang agar lebih meningkatkan kesadaran akan pentingnya membayar pajak.

"Karena pajak ini nantinya akan dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk pelayanan maupun pembangunan infrastruktur," himbaunya.

Dalam apel pagi yang berlangsung di halaman belakang Setda Kota Magelang, Walikota Magelang juga menyerahkan SPPT PBB P2 kepada tiga orang perwakilan dari Kecamatan Magelang Selatan, Magelang Tengah, dan Magelang Utara. (Kb.M1)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply