» » Soreng Wahyu Putro Budyo Magelang Pukau Penonton TMII



MUNGKID, kabarMagelang.com__Penampilan  Kelompok Kesenian Soreng “ Wahyu Putro Budoyo” dari Dusun Karangwuni, Desa Banyusari, Kecamatan Grabag, Magelang sangat memukau penonton saat menjadi Duta Seni Kabupaten Magelang di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, dengan lakon Harya penangsang mbalelo Minggu (27/4)

PJs. Bupati Magelang, Tavip Supriyanto,Msi, yang juga ikut menyertai rombongan mengatakan bahwa  Kabupaten  Magelang memiliki begitu banyak kesenian rakyat  seperti jathilan, soreng, kubro siswo, campur dan lainnya yang sampai hari ini masih terus tumbuh dan berkembang.

“Kami harus terus melestarikan kesenian rakyat tersebut karena kami menyadari bahwa kesenian rakyat merupakan asset nasional sekaligus aset daerah yang harus terus dijaga kelestariannya. Produk seni budaya ini tidak hanya dapat dinikmati keindahannya, tetapi juga mengandung nilai-nilai luhur yang tinggi dan adi luhung sebagai kekayaan khasanah budaya bangsa kita,” jelasnya.

Tavip menyebutkan saat ini terdapat lebih dari 1.000 kelompok sanggar kesenian dengan jumlah anggota lebih dari 30.000 orang sehingga dengan jumlah ini menjadikan Kabupaten Magelang sebagai Kabupaten terbanyak yang memiliki sanggar kesenian di Provinsi Jawa Tengah.

“Demikian juga jumlah pentas kesenian dan festival kesenian di Magelang,  dari tahun ke tahun frekuensinya semakin meningkat,” ujar Tavip.

Dan ini merupakan perkembangan yang menggembirakan, karena secara umum menunjukkan bahwa kesenian daerah dan kesenian tradisional, semakin lama semakin digemari.

“Kita berharap Kabupaten Magelang bisa terus berpartisipasi didalam kegiatan yang diselenggarakan oleh paguyuban Jawa Tengah di Jakarta,” katanya.

Ketua Paguyuban wong Magelang JABODETABEK Slamet Riwoyo mengharapkan  kegiatan sepeti ini agar lebih ditingkatkan agar  seni kebudaya kabupaten magelang dapat lebih dikenal di tingkat Nasional maupun Internasional.

“Selain itu pemerintah kabupaten Magelang  agar lebih mengoptimalkan obyek obyek wisata yang ada agar jumlah kunjungan wisata lebih meningkat. Dan kami paguyuban wong Magelang Jabodetabek akan terus ikut mempromosikan lewat paguyuban,” ujarnya.(Kb.M1)

About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply