» » Sejumlah Caleg Kabupaten Magelang Terkendala Persyaratan

MUNGKID, kabarMagelang.com__Sejumlah caleg di Kabupaten Magelang mengaku kesulitan dalam memenuhi persyaratan untuk maju ke Pemilu Legislatif 2019. Pasalnya mereka juga harus melakukan legalisir ijazah SMA sederajat khususnya untuk caleg yang bersekolah SMA diluar Magelang, meskipun yang digunakan ijazah S1 atau D3.

Salah satu caleg dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Magelang Anton Gunawan, yang asal sekolah SMA nya dari Jakarta. Dia mengaku telah berusaha minta legalisir melalui Balai Pengendali Pendidikan Menengah dan Khusus Wilayah IV, di Bakorwil Magelang, namun instasi tersebut tidak bisa membantu.

“Saya dan rekan-rekan caleg telah mendatangi Balai Pengendali Pendidikan Menengah dan Khusus Wilayah IV, di Bakorwil Magelang, yang mana lembaga tersebut yang membawahi sekolah SMA sederajat untuk minta bantuan lkegalisir, namun mereka bilang hanya bisa melayani wilayah Kedu saja. Ya terpaksa harus  mengirim ijazah ke Jakarta untuk diurus orang tua saya,” katanya.

Anton menyebutkan saat ini sedang dalam tahapan perbaikan daftar calon dan syarat calon serta pengajuan bakal calon sebagai pengganti persyaratan yang telah diajukan pada 22 Juli hingga 31 Juli 2018 lalu.

“Meskipun mempunyai ijazah S1 atau D3 tetapi harus tetap melampirkan legalisir ijazah SMA, yang bertujuan untuk memastikan ijazah kuliahnya tidak abal-abal. Namun peraturan ini justru mempersulit para caleg, terutama caleg yang sekolah SMA nya luar kota. Ada pula rekan sesama caleg yang SMA nya dulu di Timor Leste, jelas akan kesulitan untuk memperoleh legalisir ijazah SMA,” ungkap Anton.

Sementara Kasubag TU Balai Pengendali Pendidikan Menengah dan Khusus Wilayah IV, Prihestu, menyampaikan pihaknya tidak bisa banyak membantu legalisir terhadap caleg yang ijazah SMA nya dari luar daerah

“Hal tersebut menjadi kendala kami, karena luar daerah kami tidak mempunyai buku induk atau data terkait sekolah dan alumni,” jelasnya.(Kb.M1)



About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply