» » Chakil Squad Perkenalkan Kolaborasi Tari Tradisi dan Modern

MERTOYUDAN, kabarMagelang.com__Berbagai acara kesenian tradisional di hadirkan di Artos Mall untuk mengisi rangkaian acara Merawat Borobudur yang berlangsung  7 hingga 13 Agustus mendatang, salah satunya melalui workshop seni tari oleh Chakil Squad, Sabtu (11/8).

Salah satu pengurus Chakil Squad, Bramantyo Fendi Prastowo, menyebutkan seni tari oleh Chakil Squad, diikuti oleh 25 siswi kelas 8 dan 9 ekstra kulikuler tari SMP N 1 Mertoyudan Magelang.

“Chakil Squad ini mempertunjukkan dan mengajarkan basic dari gerakan tari seorang tokoh pewayangan, yaitu Buto Kecil yang sangat tangkas, lincah dan sigap,” jelasnya.

Chakil Squad sendiri merupakan sebuah kelompok yang berdomisili di Yogyakarta. Grup tari ini selalu berinovasi dengan karya-karya tari tradisi, modern dan contemporer. Kelompok ini berdiri tahun  2007, dimana dulunya adalah sbuah kelompok kecil yang selalu aktif berkompetisi di ajang kompetisi modern dance.

“Diantaranya Let’s Dance, Dare to Dance dan beberapa kompetisi besar lainnya,” ujar Fendi.

Chakil Squad memiliki komitmen untuk selalu tampil beda sehingga memunculkan cirri khas yang berkesan. Salah satu ciri khas Chakil Squad adalah gerakan chakil. Dalam setiap karya Chakil Squad, selalu memasukan unsur-unsur tradisi. Gerakan Chakilan yang digunakan adalah gerak khas seni tradisi gaya surakarta, khususnya yang di ambil dari tokoh pewayangan yaitu buto chakil.

“Chakil Squad ini bertujuan untuk mengembangkan serta melestarikan budaya, walaupun demikian, Chakil Squad tetap membuka diri dengan seni modern. Sehingga semua karyanya bisa diterima semua kalangan masyarakat,” papar Fendi.

Keberadaan Chakil Squad ini tak hanya berprestasi di Indonesia saja, namun juga telah mempertunjukkan karyanya di berbagai negara.

“Diantaranya jepang, belanda, kanada, korea, dan Sri Langka,” pungkasnya.(Kb.M2)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply