Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » UNESCO Gelar Membatik Bersama Di Borobudur

BOROBUDUR, kabarMagelang.com__Ratusan orang dari berbagai komunitas batik Magelang dan luar negeri ikuti kegiataan membatik bersama di Cafe Nujiwa, Desa Karanganyar, Kecamatan Borobudur, Magelang, Selasa (2/10). Kegiatan dalam rangka kampanye budaya melalui program 'Creative Youth at Indonesian Heritage Sites' ini diselenggarakan oleh UNESCO Jakarta dengan tujuan selain memperingati hari batik sekaligus untuk mengapresiasi peran penting para pemuda dalam melestarikan budaya batik melalui usaha kecil dan menengah.

"Selain memiliki nilai budaya, batik juga menjadi peluang mata pencaharian bagi para pengrajin dan pedagang di Indonesia. Berbagai motif dan corak telah berkembang dan menambah khazanah desain dari batik," kata Culture Unit UNESCO Jakarta, Diana Setyawati

UNESCO Jakarta berkomitmen untuk terus melaksanakan program ini, yakni dengan memfasilitasi pendampingan dan pengembangan bisnis serta memperluas kesempatan finansial untuk para pemuda yang bekerja di industri kreatif.

“Hasil karya batik memiliki kontribusi besar dalam meningkatkan ekonomi di sektor industri kreatif,” jelasnya.

Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Kemendikbud, Zaimul Azzah, menyampaikan bahwa batik merupakan salah satu warisan budaya, yang telah ditetapkan sebagai warisan dunia.

"Kegiatan ini, sebagai wujud melestarikan batik dengan kreativitas yang dimiliki oleh para pemuda. Kami berharap, dengan adanya industri batik, nantinya dapat meningkatkan ekonomi kreatif bagi masyarakat," ungkapnya Zaimul.

Sementara Camat Borobudur, Nanda Cahya Pribadi, mengatakan pengembangan industri kreatif saat ini masih perlu di genjot lagi, karena ada yang belum sepenuhnya digarap secara maksimal.

"Batik merupakan salah satu industri kreatif yang bisa kita kedepankan. Pada momentum ini, diharapkan bisa menginspirasi anak muda agar mau terjun secara maksimal dan membuka wawasannya untuk menggarap industri kreatif," tandas Nanda.(Kb.M2)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply