» » Erupsi Merapi Tim Gabungan Penanggulangan Bencana Evakuasi Ratusan Warga

DUKUN, kabarMagelang.com__Tim gabungan penanggulangan bencana yang terdiri dari Polri, TNI, SAR, dan BPBD Kabupaten Magelang terpaksa mengevakuasi ratusan warga untuk mengungsi akibat erupsi Gunung Merapi ke Tempat Evakuasi Akhir (TEA). Selain itu jajaran anggota Polres Magelang juga mengamankan dua orang yang di duga melakukan pencurian di rumah warga yang ditinggal mengungsi.Itulah rekayasa simulasi yang dilaksanakan oleh Polres Magelang di Lapangan Desa Dukun, Kecamatan Dukun, Magelang, Rabu (28/11).

Kapolres Magelang, AKBP Hari Purnomo, mengatakan bahwa, kegiatan latihan simulasi evakuasi ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan kesiap siagaan anggota gabungan, khususnya anggota Polri bila terjadi bencana erupsi Gunung Merapi ini.

"Selain itu juga untuk mengetahui tahapan-tahapan yang akan kita lakukan jika terjadi bencana. Dari mulai tahapan mendeteksi potensi-potensi kerawanan yang mungkin muncul akibat aktivitas Gunung Merapi, ataupun kerawanan-kerawanan gangguan kamtibmas yang lainnya, seperti tindakan pidana pencurian ataupun penjarahan saat dilakukan proses evakuasi," ungkapnya.

Melalui kegiatan pelatihan selama tiga hari dan simulasi ini diharapkan dapat memastikan kesiapan personel, mulai TNI, Polri, SAR, BPBD, dan instansi-instansi terkait lainnya, termasuk sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

"Mulai dari kendaraan, truk, mobil roda empat, ambulance, tenda, dapur umum, posko, tempat penampungan, semuanya juga harus disiapkan," jelas Hari.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin, yang juga hadir menyaksikan giat simulasi evakuasi tersebut, mengatakan bahwa, kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas bersama untuk menghadapi bilamana terjadi bencana.

"Potensi bencana di Kabupaten Magelang memang cukup tinggi. Maka untuk itu kesiap siagaan seluruh elemen masyarakat ini kita tunjukan pada hari ini. Yang paling dekat ini adalah masuk musim penghujan. tentu akan banyak tantangan-tantangan alam yang harus kita hadapi, meskipun demikian kita selalu berharap agar bencana tidak akan terjadi,” tandasnya.(Kb.M2)


About azis dwi

KabarMagelang.com - Situs portal berita terudate di Kota Magelang.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply