Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » PAD Kota Magelang Terus Meningkat Setiap Tahun

KOTA, kabarMagelang.com__Selama empat tahun terakhir, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Magelang terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Magelang, PAD tahun 2018 mencapai angka Rp 247.964.020.565. Jumlah tersebut meningkat dari PAD sebelumnya sebesar Rp 233.557.714.356 di tahun 2017, Rp 220.315.848.702 di tahun 2016 dan Rp 186.677.410.081 di tahun 2015.

"Kenaikan PAD terjadi sangat signifikan dari tahun ke tahun," ujar Kepala BPKAD Kota Magelang, Larsita, di sela Rapat Koordinasi Pengendalian Operasional Kegiatan (Rakorpok) Triwulan IV Kota Magelang Tahun Anggaran 2018, di Ruang Adipura Kencana, Jumat (11/1).

Capaian tersebut didukung oleh pemasukan dari pajak daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan, retribusi daerah, dan lain-lain PAD yang sah.
Adapun serapan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Magelang tahun 2018 mencapai 96,04 persen untuk fisik dan 87,04 persen keuangan.

"Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengampu kegiatan fisik konstruksi rata-rata mulai pelaksanaannya di awal Triwulan ke III, sehingga penyelesaiannya mepet akhir tahun anggaran," jelas Kepala Bagian Pembangunan, Agus Satiyo.

Dalam pelaksanaan kegiatan di tahun 2019, menurut Agus, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Diantaranya, OPD untuk segera menyelesaikan input Rencana Umum Pengadaan (RUP) 2019 dan mengumumkannya melalui aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP) Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

"OPD yang mempunyai paket strategis untuk segera melaksanakan kegiatan dan diharapkan selesai di akhir Triwulan III," ungkap Agus.

Selain itu, ceklist kegiatan-kegiatan yang perlu segera dilaksanakan, menghindari penumpukan kegiatan di akhir tahun 2019.

Sementara itu, Walikota Magelang, Sigit Widyonindito mengpresiasi capain PAD yang terus meningkat. Dia pun mengajak seluruh unsur pimpinan agar memiliki jiwa entrepreneur.

"Kita harus berjiwa entrepreneur, bagaimana caranya agar Kota Magelang menjadi layak jual, memiliki kualitas yang baik. Sehingga masyarakat tidak ragu ke kota kita," ujar Sigit.

Orang nomor satu di kota sejuta bunga itu juga mengucapkan terima kasih atas capaian PAD tersebut yang dinilainya cukup baik. Termasuk serapan anggaran belanja daerah yang juga baik.

"Untuk kegiatan-kegiatan yang dalam waktu beberapa minggu ke depan sudah bisa dimulai, segera dimulai," imbaunya. 

Dalam kegiatan Rakorpok Triwulan IV Kota Magelang Tahun Anggaran 2018 tersebut, Walikota juga berkesempatan memberikan penghargaan kepada 16 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang progres capaian fisik dan keuangan diatas 90 persen.

Diantaranya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kecamatan Magelang Tengah, Kecamatan Magelang Selatan, Kecamatan Magelang Utara, Badan Penelitian dan Pengembangan, Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, dan lainnya.

Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina menambahkan, capaian PAD dan serapan anggaran yang sudah baik ini hendaknya terus dipertahankan dan diperbaiki.(Kb.M2)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply