Header ads

Header ads
Kembangkan Bisnis Kamu dengan Iklan di Kabar Magelang
» » 200 Peserta Antusias Ikuti Workshop Roket Air Kota Magelang

KOTA, kabarMagelang.com__Sebanyak 200 siswa SMP sederajat se-Kota Magelang mengikuti workshop kompetisi roket air di Pendopo Eks Bakorwil II Kota Magelang, Selasa (26/3). Workshop ini merupakan salah satu kegiatan rangkaian Apresiasi Budaya IPTEK Kota Magelang 2019 yang diadakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Magelang.

Kepala Sub Bidang Pengembangan dan Penerapan IPTEK Balitbang Kota Magelang, Yetty Setianingsih, menuturkan tahun ini jumlah peserta meningkat dibanding tahun lalu yang hanya mencapai 100 orang peserta. Bahkan, ada diantara peserta merupakan penyandang difabel dari SLB Negeri dan SMP LB-B YPPALB Kota Magelang.

"Seluruh peserta sangat antusias mengikuti workshop, tidak terkecuali peserta difabel berprestasi dari SLB. Workshop ini merupakan kegiatan sebelum dilaksanakan kompetisi roket air pada Juni 2019 mendatang," jelas Yetty disela-sela kegiatan.

Yetty menyebut, tahun ini pihaknya juga melibatkan tim dari Taman Pintar Yogyakarta untuk memberikan materi serta pendampingan kepada seluruh peserta.

Kepala Bidang PHI Balitbang Kota Magelang, Catur Subagyo, menambahkan para peserta dibagi dalam 22 kelompok yang masing-masing didampingi oleh guru pembimbing. Sementara keikutsertaan siswa-siswa difabel merupakan komitmen Pemerintah Kota (Pemkoy) Magelang mengapresiasi semua potensi generasi muda tanpa terkecuali.

"Tahun ini kami juga menyertakan kaum difabel sebagai bukti komitmen Pemot Magelang dalam mengapresiasi partisipasi kaum difabel di dunia pendidikan," ucapnya.

Catur menerangkan, kompetisi roket air mengajak para siswa untuk mengenal sains khusunya teknologi antariksa dengan menarik melalui konsep belajar sambil bermain dan bersemangat (learn and fun). Kreativitas para siswa juga digali dalam ajang ini dengan tantangan untuk membuat desain roket yang menarik namun tepat sesuai kaidah keilmuan yang ada.

Sementara itu, Kepala Balitbang Kota Magelang, Arif Barata Sakti, berharap interaksi dan semangat dari para peserta dalam mengikuti workshop roket air dapat memicu semangat generasi muda agar terampil dan berprestasi dalam bidang sains dengan baik.

"Tahun ini Balitbang membuka 8 kategori juara yang dilombakan, yaitu 3 juara utama, 3 juara harapan dan roket dengan desain dan kreativitas terbaik," paparnya.

Tahun depan, lanjut Arif, kompetisi roket air akan ditingkatkan menjadi level nasional guna mendukung program Magelang Modern Cerdas Sejahtera dan Religiu (Moncer Seirus).(Kb.M2)


About kabarmagelang.com

Info terupdate seputar Kabar Magelang. Lejitkan dan Kembangan usaha Anda di Kabar Magelang
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply